PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) melalui program PLN Peduli mendukung dan menyalurkan bantuan kepada UMKM kopi desa yang berlokasi di Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya untuk meningkatkan produktivitas petani daerah tersebut.

“Bantuan berupa dua mesin penyangrai biji kopi dan peralatan penunjang produksi kopi bubuk ini diantar langsung dari Pontianak ke lokasi penerima.  Mesin penyangrai kopi ini merupakan hasil kerja sama antara PLN UIP KLB dengan Laboratorium Sistem Manufaktur, Jurusan Teknik Industri, Universitas Tanjungpura. Hal ini merupakan salah satu tindak lanjut atas MoU antara PLN dan Untan  pada Juni lalu tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP KLB, Faruq Suyuthi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa mengangkut dua mesin penyangrai biji kopi berkapasitas masing-masing 5 kilogram bukan perkara mudah. Bagaimana tidak, bobot dua mesin yang mencapai ratusan kilogram dan lokasi yang harus diakses melalui sungai membuat pengiriman mesin menjadi cukup menantang. Beruntung, warga desa membantu pengangkutan mesin hingga mencapai lokasi rumah produksi Kopi Desa. 

PLN sangat mendukung kemajuan dan kemandirian UMKM terutama di masa pandemi ini.  Rencananya produk bubuk kopi dari Kopi Desa akan diproses sertifikat halalnya oleh PLN. Sehingga para petani dapat memasarkan produknya lebih luas lagi.

“Kami ingin usaha masyarakat dapat terus tumbuh dan berkembang terlebih saat masa pandemi seperti sekarang ini. PLN terus berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan juga untuk terus menghasilkan listrik yang andal dan berkualitas untuk masyarakat,” kata dia.

Munawarah (57), pelaku usaha kopi desa menyebutkan pihaknya telah bekerja selama 7 tahun bersama ibu-ibu sekitar, dan baru saat ini menerima bantuan dari pihak luar. “Biasanya kami menggunakan kayu bakar untuk menyalakan api saat memasak biji kopi. Sering kali kami tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen karena asap dan panas api saat produksi terlalu tinggi sehingga ibu-ibu tidak sanggup menyangrai biji kopi. 

“Alhamdulillah sekarang produksi kami bisa meningkat karena waktu memasak biji kopi yang lebih cepat. Selain itu dengan mesin ini ibu-ibu bisa lebih santai dan tidak kepanasan,” ujar Munawarah.

Kelompok usaha yang terdiri dari 10 orang ibu-ibu dan 1 orang pria untuk pemasaran ini mengolah biji kopi lokal jenis liberika dari Desa Nipah Panjang yang dicampur dengan beras dari Dusun Sungai Pandan.

Munawarah mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN yang atas bantuan yang diberikan.

“Mudah-mudahan PLN semakin maju kedepannya dan juga lebih bermanfaat untuk kita di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021