Dosen Universitas Bina Sarana Indonesia (UBSI) Pontianak ikut mendukung perhelatan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) secara online sebagai solusi untuk mencegah kerumunan di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Untuk mendukung pemilihan RT 004/RW008 Kelurahan Parit Mayor, Kota Pontianak. secara online sebagai solusi di tengah pandemi ini kami hadirkan aplikasi polling. Aplikasi yang disiapkan tetap berprinsip pada LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dengan dua pengguna yaitu panitia dan masyarakat," ujar Dosen UBSI Muhammad Sony Maulana di Pontianak, Sabtu.

Ia menyebutkan pemilihan RT 004/RW.008, Perumahan Arwana Indah I  tersebut di lapangan berjalan dengan sukses dan lancar. 

"Dari ke empat calon yang sudah diseleksi panitia kemudian diunggah datanya ke aplikasi berikut dengan data masyarakat keseluruhan sebanyak 118 KK dan 83 KK pemilih. Jadi masyarakat tidak perlu datang ke tempat pemilihan cukup dengan telpon seluler bisa memantau dan memilih serta melihat hasilnya," kata dia.

Sementara itu, Ketua panitia pemilihan Munawir, merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut. Sehingga total yang berpartisipasi mencapai angka 70 persen dari data masyarakat yang berhak memilih, meskipun di saat yang sama hujan lebat mengguyur wilayah Pontianak Timur. 

"Saat pandemi COVID-19 ini kita dihadapkan tidak boleh berkerumun. Nah bersyukur ada dukungan dari UBSI untuk pemilihan RT. Kami panitia terbantu sehingga pelaksanaan berjalan lancar dan partisipasi masyarakat sudah sangat tinggi atau di atas target kami. Pemilihan mudah dan lancar," kata dia.

Ketua RT004/R008 yang kembali terpilih dari empat calo lainnya, Oyong Afrinal mengatakan bahwa pemilihan secara online merupakan inovasi baru di masa pandemi COVID- 19. Selain sangat membantu di saat adanya kebijakan PPKM juga mempermudah warga yang sedang bekerja untuk turut bersuara dalam pemilihan.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021