Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan SE MSi resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX Tingkat Kabupaten Ketapang Aula Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Rsbu (15/9) malam. Penutupan ditandai dengan penekanan sirine tanda MTQ telah berakhir oleh Wabup bersama Wakil Ketua DPRD Ketapang, H Suprapto SPd MM dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ketapang lainnya.

Kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Wakil mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ ini merupakan satu di antara sarana untuk memperdalam ajaran agama melalui pengamalan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur'an.

"Saya mengharapkan adanya peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa disertai perubahan akhlak yang mulia bagi masyarakat," harap Wabup saat menyampaikan kata sambutan pada acara penutupan tersebut.

Wabup mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih para pemenang. Ia berharap dengan keberhasilan ini para kafilah tidak merasa puas diri. Tapi justru semakin termotivasi untuk terus berlatih guna meningkatkan kemampuan secara maksimal.

"Apda peserta yang belum berhasil agar jangan berkecil hati dan tidak putus asa. Teruslah berlatih secara tekun dan lakukan evaluasi terhadap kekurangan dan kelemahan yang ada," tuturnya.

Ia meminta Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Ketapang agar segera melakukan pembinaan atau pemusatan latihan. Tujuannya sebagai persiapan untuk menghadapi MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang. Beliau berharap dengan persiapan maksimal maka kontingen Ketapang dapat meraih prestasi yang memuaskan. Serta mencapai peringkat terbaik dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Farhan juga mengingatkan bahwa pada 2022 nanti, Ketapang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ XXX tingkat Provinsi Kalimantan Barat. "Saya meminta kepada pengurus LPTQ dan seluruh perangkat daerah Kabupaten Ketapang agar mulai mempersiapkan diri untuk mempersembahkan yang terbaik. Sehingga pelaksanaan MTQ ke 30 nanti berlangsung lancar dan sukses," ujarnya.

"Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia. Serta semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ XXIX tahun 2021 ini. Mudah-mudahan apa yang saudara lakukan akan menjadi amal shaleh dan mendapat balasan pahala dari Tuhan yang Maha Esa," ucap Wabup.

Sementara itu pada pembacaan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim tentang pemenang lomba MTQ XXIX 2021 di Ketapang. Sekaligus pembacaan (SK) Ketua Umum LPTQ Ketapang tentang penetapan juara umum MTQ ke XXIX tingkat Kabupaten Ketapang 2021. Semuanya disampaikan Sekretaris Koordinator Dewan Hakim MTQ, Supriadi SAg MPd.

Hasilnya Kafilah Kecamatan Delta Pawan sebagai juara umum dengan total poin 68. Disusul Kafilah Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU) sebagai peringkat kedua dengan poin 53 dan Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) juara ketiga dengan poin 46. Kemudian Khotibul Umam dari Kecamatan Kendawangan pemenang juara MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Ketapang golongan dewasa putra. (Bandi)

Pewarta: Bandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021