Wakil Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Syamsul Rizal berharap prestasi sepak bola melalui klub andalan daerahnya yakni Persibeng bisa kembali bangkit di regional Kalbar dalam Turnamen Piala Soeratin 2021.

"Tentu saja kita tahu bahwa sepak bola merupakan olahraga pemersatu. Oleh sebab itu, tak heran banyak yang berharap agar sepak bola dikelola dengan baik. Termasuk di Kabupaten Bengkayang sendiri. Persibeng diharapkan kembali bangkit," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia mengakui bahwa olahraga ini merupakan olahraga yang cukup mahal dan tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, kata Rizal, di masa pandemi seperti saat ini perekonomian masih dalam tahap pemulihan dan bahkan hampir sebagian besar anggaran pemerintah dipangkas untuk penanganan COVID -19. 

"Maka tidak mengherankan jika hal itu berdampak pula bagi aktivitas dunia olahraga. Mengenai pembiayaan, khususnya dalam waktu dekat perlu usaha bersama baik dari Pemda maupun ASKAB PSSI Bengkayang. Kehadiran pihak ketiga atau bapak asuh juga sangat dibutuhkan. Askab PSSI Bengkayang agar dapat berkoordinasi dengan pihak ketiga, terutama perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bengkayang," jelas dia.

Rencananya, jelang perhelatan turnamen antar kabupaten se-Kalbar tersebut, PSSI Bengkayang bakal melakukan seleksi pemain Persibeng U-17 di lima zonasi wilayah Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut dilakukan guna menyambut turnamen sepak bola Soeratin U-17 regional Kalbar Tahun 2021.

Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Bengkayang, Erlianus mengatakan seleksi tersebut adalah bentuk upaya pihaknya dalam mempersiapkan atlet yang akan unjuk gigi pada Turnamen Soeratin mendatang.

"Seleksi ini adalah bagian penting dilakukan dan sangat vital untuk membentuk sebuah tim yang solid ke depannya,"katanya Erli. 

Kelima zonasi tersebut berada pada zona pertama yaitu Kecamatan, Jagoi Babang, Siding, Seluas. Seleksinya pada 25 September 2021 di Lapangan Sepak bola Seluas.

Zona kedua, pada Kecamatan Sanggau Ledo, Tujuh Belas, Ledo Seluas. Seleksi pada 26 September 2021 di lapangan sepak bola AURI.

Zona ketiga, pada Kecamatan Lumar, Bengkayang, Suti Semarang, Teriak, Sungai Betung. Seleksi pada tanggal 3 Oktober 2021 di Lapangan Sepak Bola Kompi.

Zona keempat, pada Kecamatan Samalantan, Lembah Bawang, Monterado. Seleksi pada tanggal 1 Oktober 2021 di Lapangan Sepak Bola Pasukayu.

Zona kelima, pada Kecamatan Sungai Raya, Capkala, dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Pada tanggal 2 Oktober 2021 di Lapangan Sepak Bola Sungai Keran.

"Semoga tahapan seleksi ini lancar sesuai harapan kita. Kita akan berbenah agar persepakbolaan Bengkayang kembali mengukir prestasi dan selalu berjaya," harap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021