Percepatan vaksinasi COVID-19 di Kalimantan Barat, salah satu daerah yang berkontribusi signifikan dalam program nasional penanganan pandemi, harus didukung optimalisasi vaksinasi massal di kabupaten dan kota di Kalbar, kata epidemiolog Politeknik Kesehatan Pontianak Malik Saepudin. 

"Dengan antusias masyarakat yang besar untuk menyukseskan vaksinasi, saya yakin target kekebalan kelompok bisa tercapai di akhir 2021. Hal ini dilihat dari pencapaian vaksin di Kalimantan Barat yang rata-rata telah mencapai 20-25 ribu per hari," kata dia di Pontianak, Rabu.

Ia mengatakan tambahan vaksin dari Kementerian Kesehatan bisa mempercepat target terwujud kekebalan kelompok dari penularan virus corona baru tersebut di daerah itu.

"Tambahan vaksin seperti yang disampaikan Menkes agar masyarakat lebih semangat divaksinasi COVID-19," tuturnya.

Dia mengatakan dengan tambahan vaksin itu, pemerintah perlu melakukan percepatan pendistribusian, utamanya ke daerah yang pelaksanaan vaksinasi masih lambat disebabkan kondisi geografis dan keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

"Pemprov seharusnya berupaya untuk mengatasinya dengan mendistribusikan secara merata vaksin dan SDM, jika diperlukan merekrut sejumlah relawan vaksin atau pembentukan juru imunisasi yang berasal dari masyarakat setempat, sebagaimana dilakukan pada masa 1970-an untuk mengatasi pandemi cacar di berbagai wilayah di Indonesia," kata dia.

Malik mengharapkan Kota Pontianak menjadi contoh percepatan vaksinasi karena hingga saat ini telah mencapai 52 persen dari total sasaran. Pencapaian itu karena secara geografis, sarana, prasarana, SDM, serta manajemen lebih siap dan mumpuni.

Ia menyebutkan semua pihak seharusnya turut serta aktif menyukseskan percepatan vaksinasi COVID-19 di Kalbar.

"Diperlukan komitmen bersama untuk melakukan percepatan vaksinasi COVID-19, agar pandemi yang saat ini terjadi segera menjadi endemi seperti halnya penyakit DBD, infulenza, ispa, dan lain-lain," tuturnya.

Provinsi Kalimantan Barat akan mendapat tambahan sekitar 400.000 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan.

"Tambahan vaksin akan datang dalam dua hari ini," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat kunjungan kerja ke Pontianak, Selasa (28/9).

Ia menyebutkan dalam data yang dimilikinya, tercatat stok vaksin di Kalimantan Barat 170 ribu dosis. Tambahan 400.000 ribu dosis diberikan karena melihat antusias masyarakat setempat mengikuti vaksinasi. Bahkan, dalam satu hari Kalbar bisa memvaksin 50 ribu warga.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021