Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyatakan vaksin dosis pertama untuk usia pelajar 12-17 tahun sudah mencapai 1.771 orang untuk dosis satu, sedangkan dosis dua baru 201 orang yang tersebar di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

"Anak usia pelajar dan masyarakat Kapuas Hulu antusias mengikuti vaksinasi, hanya saja kendala terkadang jaringan internet masih sering gangguan dan kondisi bencana alam seperti hujan dan banjir," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Herberia Karo Sekali, dihubungi ANTARA, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Heberia, secara keseluruhan dari jumlah penduduk usia 12 tahun ke atas di Kapuas Hulu sebanyak 213.262 jiwa yang sudah menjalani vaksinasi per 5 Oktober 2021, sebanyak 39.241 dosis satu untuk dosis dua sebanyak 24.078 orang sudah termasuk pelajar.

Menurut dia, pelayanan vaksin dikakukan setiap hari hingga di tingkat Puskesmas, bahkan sejumlah Puskesmas melakukan upaya jemput bola ke daerah yang sulit di jangkau.

"Pelayanan vaksinasi terus kita lakukan, memang kendala jaringan internet yang tidak stabil, kalau untuk masyarakat sangat antusias," kata Herberia.

Herberia juga menyebutkan untuk saat ini stok vaksin sebanyak 22.286 dosis yang siap distribusikan ke 23 kecamatan.

"Untuk vaksin sementara ini tidak ada kendala dan kami distribusikan juga untuk Puskesmas," jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang belum melakukan vaksin segera mendatangi petugas terdekat baik di Puskesmas mau pun di Dinas Kesehatan Kapuas Hulu.

Selain itu, Herberia juga berpesan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan meski pun sudah di vaksin.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021