Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat memfokuskan program vaksinasi COVID-19 untuk pelajar dan memperpanjang pelaksanaannya hingga malam hari untuk masyarakat umum.

"Menanggapi Kubu Raya yang saat ini masuk level 3 PPKM mikro, selain memaksimalkan penerapan Prokes, kita juga akan melakukan percepatan vaksinasi dengan menyasar pada pelajar SMP dan SMA. Selain itu, kita juga akan melaksanakannya pada malam hari untuk masyarakat umum," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan usai memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Kubu Raya, Senin.

Muda menambahkan, jika saat ini pelaksanaan vaksinasi digencarkan di tingkat desa, maka pihaknya akan kembali memaksimalkannya dengan melaksanakan di sekolah pada siang hari dan lingkungan masyarakat, pada malam hari.

"Kita juga akan memaksimalkan unsur Muspika dan organisasi masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi ini, supaya percepatan disesuaikan dengan situasi masing-masing seperti misalnya di kecamatan akan kita minta meningkatkan koordinasi bersama Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas juga mungkin unsur yang lain seperti KUA, kepala sekolah, madrasah pondok pesantren dan pihak lainnya," tutur Muda.

Dia menjelaskan, tujuan difokuskan pada pelajar dan satuan pendidikan agar percepatan vaksinasi bisa dilakukan, mengingat sudah banyak sekolah yang sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka.

"Jadi kita akan menginstruksikan, bagi siswa dan guru yang belum vaksinasi, tidak boleh mengikuti kegiatan belajar tatap muka, tetapi online saja," katanya.

Saat ini, kata Muda, jumlah masyarakat yang sudah divaksin di Kubu Raya sebanyak 130.000 lebih atau 30,3 persen dari masyarakat sasaran vaksin.

Untuk itu, kata Muda pihaknya akan menginstruksikan kepada pengurus RT/RW agar segera mendaftarkan warganya yang belum di vaksin.

"Agar kita bisa kembali ke level 2 PPKM mikro, saya minta masyarakat untuk terus memperketat penerapan prokes, karena walau pun sudah di vaksin, prokes jangan sampai kendor," kata Muda.


Baca juga: Polsek di Kubu Raya diminta gencarkan vaksinasi
Baca juga: PMI Kubu Raya gelar vaksinasi COVID massal dengan target 7000 dosis
Baca juga: Dinkes Kubu Raya targetkan 12 ribu ibu hamil terima vaksinasi COVID-19
Baca juga: Muda minta kades data ibu hamil untuk divaksinasi COVID-19

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021