Menteri Sosial Tri Rismahari meminta danau-danau yang ada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Kapuas di Kalimantan Barat kembali difungsikan secara optimal sebagai tempat penampungan air alternatif ketika curah hujan tinggi.

"Tidak kalah penting dengan memanfaatkan danau-danau yang ada di sepanjang Sungai Kapuas agar menjadi alternatif penampungan air saat curah hujan tinggi, sehingga tidak berdampak kepada masyarakat," kata Mensos Tri Rismaharini saat kunjungan di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya perubahan iklim memang cukup berat. Tapi yang terpenting adalah bagaimana cara menyelamatkan warga di sepanjang Sungai Kapuas yang sewaktu-waktu dapat tergenang air kembali.

"Melihat kondisi yang ada perlu upaya memfungsikan kembali danau-danau di sepanjang Sungai Kapuas, sehingga ketika curah hujan tinggi aliran air tidak melewati permukiman warga," katanya.

Terkait hal itu, ia juga meminta Balai Wilayah Sungai Kalimantan I (BWSK I) untuk mencari solusi mengatasi banjir yang terjadi di sepanjang Sungai Kapuas, Kalimantan Barat.

"Setiap tahun curah hujan yang kita hadapi semakin besar. Oleh karena itu, saya berharap dan Ketua Komisi V DPR RI juga mengajak Balai Wilayah Sungai Kalimantan I (BWSK I) untuk mencari cara bagaimana menyelamatkan warga di sepanjang Sungai Kapuas ini. Kalau tidak segera dilaksanakan, akan semakin berat," kata Mensos.

Dia mengatakan, saat meninjau masyarakat yang terdampak banjir di Sanggau, Kalbar kemarin, dirinya telah menyerahkan bantuan banjir di beberapa kabupaten di wilayah yang terkena banjir tersebut.

Baca juga: Mensos Risma : Perlu ada mitigasi atasi banjir di Kalbar

Adapun wilayah yang dikunjungi adalah Desa Lingkungan Liku di Kabupaten Sanggau, Desa Tanjung di Kabupaten Sekadau serta Kelurahan Ulak Jaya Kabupaten Sintang.

Untuk itu, Risma mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan, waspada dan tetap siaga, karena dampak perubahan iklim akibat La Nina cukup berat.


Baca juga: Menteri Sosial tugaskan staf bertahan di daerah banjir tepian Kapuas
Baca juga: Mensos Risma ingatkan warga tepian Sungai Kapuas tetap siaga
Baca juga: Mantan Mensos Juliari Batubara masuk Lapas Tangerang

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021