Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan semua guru yang ada di kabupaten itu harus mampu menerapkan konsep merdeka belajar bagi peserta didik, untuk memperkuat kualitas pendidikan.

"Saat ini, sumber informasi dan sumber data merupakan pondasi awal agar gerakan-gerakan merdeka belajar bisa di laksanakan dengan baik. Dan guru penggerak serta gerakan-gerakan untuk memperkuat kualitas pendidikan itu dengan konsep merdeka belajar," kata Muda saat membuka seminar pendidikan PGRI Kubu Raya di Sungai Raya, Senin. 

Muda mengatakan, merdeka belajar bisa benar-benar jauh lebih kokoh dalam memperkuat kualitas siswa dan guru. Sehingga hal-hal inilah yang akan dilakukan dan mudah-mudahan bisa tercapai dari seminar itu.

Dirinya juga mengatakan hal ini dalam rangka hari guru supaya ada momentum menjadi semacam satu pemikiran transformasi yang lebih komprehensif lagi ke depannya.

"Maka, mudah-mudahan melalui peringatan hari guru saat ini kami menyadari bahwa kita harus punya suatu perubahan dalam sistem informasi dan data," katanya.

Sistem data dan informasi tersebut termasuk tematik dalam dunia pendidikan yang sangat luar biasa justru mendasar. 

"Banyak sekali nantinya perlu menjadi konten yang mudah dimutakhirkan dan cepat untuk menyikapi serta membangkitkan daya kritis dari guru dan siswa," kata Muda.

Tujuan dari seminar ini untuk merefleksikan sekaligus mencari gagasan-gagasan dan transformasi mengenai gagasan itu tentang bagaimana cara kita dan juga hal-hal ide terkait situasi yang bermasalah.

"Tetapi kami tidak larut dalam masalah, kami mencari terobosan, mencari langkah-langkah kreatif yang bisa kita lakukan dan diperbuat. Termasuk sistem data dan informasi, karena sumbernya ini juga dari para satuan pendidikan," tuturnya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rian

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021