Kepolisian Resor Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akan mendirikan sebanyak Sembilan Pos Pengamanan dan Pelayanan Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di daerah ini.

"Sembilan pos pengamanan tersebar di beberapa titik, seperti gereja, terminal, dan tempat yang biasanya menjadi keramaian guna mencegah kerumunan," kata Kapolresta Pontianak Kota Kombes (Pol) Andi Herindra seusai memimpin Rapat Koordinasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 di Pontianak, Senin.

Selain mendirikan sembilan pos pengamanan, kata dia,  pihaknya akan memfokuskan pengamanan di 75 titik gereja di Kota Pontianak.

"Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 Polresta Pontianak akan melibatkan sebanyak 3/4 personel yang dibantu TNI, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak sehingga totalnya mencapai 1.500 personel," ujarnya.

Ia menambahkan dalam rakor tersebut disepakati bersama bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi dan membuat tim gabungan patroli bersama untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2022 berjalan aman dan sehat.

"Warga diminta tetap menaati dan menerapkan protokol kesehatan, seperti tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir serta tidak berkerumun," ujarnya.

Namun, katanya, untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat, pihaknya akan melaksanakan rekayasa lalu lintas. Itu pun kalau terjadi penambahan volume kendaraan. "Untuk itu, kita melakukan rapat agar bisa tahu kondisi terkini di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendukung langkah Polresta Pontianak untuk menciptakan agar Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 di Kota Pontianak  aman dan sehat.

"Saya mengimbau masyarakat agar tetap mentaati dan menerapkan prokes sesuai imbauan pemerintah," ujarnya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021