Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Odang Prasetyo mengatakan, pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Posko Pemantauan Natal dan Tahun Baru.

"Di Kubu Raya kita membentuk posko gabungan untuk pemantauan Natal dan tahun baru bersama Dishub Kalbar dan sejumlah pihak lainnya, jumlahnya ada lima titik posko yang kita bentuk," kata Odang di Sungai Raya, Kamis.

Baca juga: Dishub Kubu Raya prioritaskan penambahan PJU di jalur padat

Lima posko yang dibentuk tersebut berada di depan Terminal ALBN Sungai Ambawang, kemudian simpang Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya, Posko Desa Parit Baru, Posko Bandara Supadio dan di Dermaga Rasau Jaya

"Untuk posko pemantauan di Simpang Desa Kapur, Terminal ALBN Sungai Ambawang dan dermaga Rasau Jaya kita melibatkan Dinkes Kubu Raya untuk melakukan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat. Jadi, jika ada yang melintas di posko itu dan diketahui belum vaksin, akan kita arahkan untuk divaksin," tuturnya.

Seperti diketahui lanjut Odang, hingga saat ini secara umum angka kasus konfirmasi COVID-19 di Kalimantan Barat sudah menurun, hal ini lanjutnya bisa dilihat status zona di Kalimantan Barat yang sudah masuk zona kuning.

Baca juga: Dinas Perhubungan Kubu Raya bentuk lima Posko pantauan Natal dan Tahun Baru

"Kondisi yang sudah lebih baik ini, jika tidak kita lakukan antisipasi bukan tidak mungkin bisa bertambah lagi kasusnya. Karena biasanya jelang hari-hari besar dimana mobilisasi masyarakat juga meningkat potensi untuk penambahan kasus bisa saja terjadi," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat tidak boleh lengah dan diharapkan masyarakat harus selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan sehingga upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini bisa terus kita maksimalkan secara bersama-sama.

Mengingat Kubu Raya merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan ibu kota Kalimantan Barat, yakni Kota Pontianak, sehingga dalam pelaksanaan di lapangan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi dan sejumlah pihak terkait lainnya untuk ikut memantau mobilisasai masyarakat jelang natal dan tahun baru mendatang.

"Nanti akan kami follow up lebih lanjut, mengenai titik mana saja yang akan kami bangun posko pembatasan yang tentunya letaknya strategis yang kerap dilintasi para pemudik untuk masuk dan keluar Kubu Raya khususnya,” kata Odang.

Baca juga: Dishub Kubu Raya bentuk posko pantau mudik Natal - Tahun Baru
Baca juga: Kubu Raya siapkan tiga posko penyekatan dan layanan pantau arus mudik
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021