Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengingatkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar Harisson yang baru saja di lantik agar bisa mencegah pelanggaran di bidang keuangan dan dapat menggunakan anggaran yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Saya ingatkan kepada Pak Harisson yang baru dilantik sebagai Sekda Kalbar hari ini agar tidak main-main dengan anggaran. Ini warning, karena untuk penggunaan anggaran sudah ada aturannya," kata Sutarmidji usai melantik Harisson sebagai Sekda Kalbar di Pontianak, Jumat.



Menurutnya, Sekda Kalbar juga harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan memberikan pembinaan kepada semua SKPD dan ASN.

"Peringatan ini juga saya tujukan untuk seluruh jajaran pejabat dan pegawai di Pemprov Kalbar agar tak bermain-main dengan anggaran. Makanya Pak Sekda harus bisa bekerja profesional dan sesuai aturan," tuturnya.

Pada kesempatan itu Sutarmidji memaparkan untuk penetapan Harisson sebagai Sekda Kalbar sudah sesuai dengan proses yang berlaku, di mana Harisson terpilih setelah mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh panitia hingga penentuan dari pemerintah pusat.

"Ada tiga orang yang mengikuti seleksi Sekda ini, selain Pak Harisson, Pak Syarif Kamaruzzaman yang menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kalbar dan Pak Ignasius, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalbar juga masuk tiga besar dalam seleksi Sekda," katanya.

Kemudian dari tiga nama tersebut diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan ke Presiden melalui Mendagri.

"Jadi, untuk pemilihan Sekda ini sudah kita lakukan dengan transparan dan terbuka, sehingga sebagai Gubernur, saya tidak melakukan intervensi. Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada Pak Harisson dan kepada dua kandidat lainnya, bukan berarti mereka tidak baik, tapi proses seleksi yang akhirnya menentukan siapa yang terpilih," kata Sutarmidji.

Di tempat yang sama Sekda Kalbar Harisson mengatakan dirinya siap untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Sekda, setelah di lantik oleh Gubernur Kalbar.

"Yang jelas, saya akan menjalankan tugas dan fungsi saya dengan baik, karena jabatan ini amanah dari Allah, tentu harus saya jalankan dengan baik," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022