Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD Partai Demokrat Kalbar Ermin Elviani menyatakan pihak saat ini sudah mulai memanaskan "mesin politik" dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Kami ingin menjadi pemenang dan akan mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Kalbar. Jika semuanya bersatu dan kompak, bukan tidak mungkin seluruh unsur pimpinan mulai dari tingkat DPRD baik provinsi dan kabupaten/kota akan jadi milik Demokrat," kata Ermin Elviani di Pontianak, Rabu.

Dia mengatakan kepada para kader serta pengurus DPC dan DPAC dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar, untuk menjadi pemenang pada Pemilu 2024 perlu kerja keras, kerja bersama dan kerja cerdas.

"Dari Muscab inilah diharapkan jadi titik awal kebangkitan Partai Demokrat di Kalbar," kata Ermin.

Menurut dia, Muscab ini memang berbeda dengan sebelumnya, jika sebelumnya, calon anggota ketua suara terbanyak dalam musyawarah akan diputuskan langsung jadi ketua. Namun kini, calon ketua DPC akan diambil tiga besar, yang memenuhi minimal 20 persen dari dukungan peserta Muscab.

Selanjutnya calon ketua akan dibawa ke tim 5 yang terdiri dari Ketum, Sekjen, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Ketua dan Sekretaris DPD Demokrat Kalbar.

Menurut Ermin, para calon ketua akan menjalani "fit and proper test" untuk digali visi dan misi serta program yang akan dilakukan selama menjadi ketua nanti. Setelah itu barulah Tim 5 bermusyawarah untuk memilih yang terbaik untuk memimpin DPC Demokrat kabupaten/kota di Kalbar.

"Perlu diketahui bahwa Muscab serentak ini adalah upaya untuk menata dan menyehatkan kembali roda organisasi, agar DPC Demokrat sebagai mesin partai yang lebih dekat dengan konstituen dapat bekerja secara maksimal," katanya.

Dia menegaskan, Muscab ini harus jadi arena konsolidasi yang efektif untuk menguatkan dan membesarkan Partai Demokrat di semua lini, selain itu juga sebagai kontestasi yang sehat dengan menyuguhkan program berkualitas, efektif dan mumpuni para calon ketuanya untuk membangun kebesaran Demokrat.

Ermin mengatakan, ada tiga hal yang harus kita pacu usai Muscab ke-IV ini, yaitu sukses dalam verifikasi partai politik peserta pemilu 2024. Sukses menyusun bakal calon legislatif yang potensial di semua tingkatan, karena partai Demokrat terbuka untuk semuanya. Dan, sukses memenangkan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden dengan mengantarkan Ketua Umum AHY sebagai presiden.

"Tapi ingat, untuk menyukseskan program itu perlu berlari kencang, dan ada mimpi, harapan dan visi yang sama baru mampu menjadi pemenang di Pemilu 2024," ujarnya.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022