Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan terus berupaya mengejar capaian 100 persen target vaksinasi COVID-19 dengan memasifkan pelaksanaan vaksinasi malam hari yang dilakukan usai shalat Tarawih.

"Vaksinasi COVID-19 usai shalat Tarawih ini dilakukan secara rutin untuk dosis pertama, kedua dan ketiga (booster) yang dimulai sejak tanggal 2 April 2022 di sejumlah masjid di seluruh kecamatan dengan melibatkan 20 Puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, vaksinasi malam ini sudah dilakukannya sejak malam pertama bulan Ramadhan, usai shalat Tarawih.

"Alhamdulillah, malam kemarin malam masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi. Kondisi ini dapat dilihat masyarakat yang datang silih berganti sehingga memadati tempat pelaksanaan vaksinasi," tuturnya.

Marijan mengharapkan dengan dilakukannya vaksinasi usai shalat Tarawih ini, pihaknya bisa mengejar capaian target vaksinasi yang lebih besar lagi.

"Selain dilakukan usai shalat Tarawih, untuk mengejar capaian target yang diharapkan, pelaksanaan vaksinasi ini juga kami lakukan di GAIA Bumi Raya City Mall dan vaksinasi di desa-desa," ujarnya.

Marijan menuturkan, untuk pelaksanaan vaksinasi malam ini pihaknya melibatkan 8 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya dan Puskesmas Sungai Kakap.

Marijan menuturkan, selama Ramadhan ini, pihaknya melaksanakan vaksinasi untuk dosis pertama hingga ketiga dengan jenis Sinovac, Moderna, Pfizer, dan Covovax.

"Pelaksanaan vaksinasi malam hari ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak bulan Februari 2022, namun karena saat ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, makanya kami melakukan vaksinasi malam hari ini setelah masyarakat melaksanakan shalat tarawih," kata dia.

Dia mangakui, meski capaian vaksinasi di Kubu Raya masih rendah, namun pihaknya sebagai tenaga kesehatan terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan vaksinasi yang terus kami lakukan setiap harinya, baik pagi, siang, sore hingga malam hari.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang belum sempat mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan ketiga (Booster) hendaknya memanfaatkan kesempatan pada malam hari. Karena dengan divaksin, maka kita tidak hanya melindungi diri kita sendiri, namun juga kita melindungi keluarga dan tetangga di sekitar kita," katanya.

Terpisah Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari strategi Pemkab Kubu Raya untuk mengejar target capaian 100 persen vaksinasi, sehingga warga yang tidak sempat melakukan vakinasi di pagi, siang dan sore hari bisa melakukannya di malam hari usai melaksanakan shalat Tarawih.

"Pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid-masjid ini kita berikan, karena kalau malam hari tentunya masyarakat tidak banyak lagi aktivitas yang dilakukan. Sehingga ketika masyarakat telah melaksanakan shalat Tarawih, tentunya akan lebih mudah dan ringan," kata Muda.

Bupati Muda menuturkan, ikhtiar ini dilakukan dengan harapan agar kualitas vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kubu Raya bisa lebih baik lagi, mengingat sasaran vaksinasi di Kubu Raya cukup besar sebesar 432.686 orang dari 610.392 jiwa penduduk Kabupaten Kubu Raya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022