Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Kalimantan Barat menyatakan kesiapannya untuk menggelar shalat Idul Fitri 1443 Hijriah yang dipusatkan di Jalan Rahadi Usman atau tepatnya di depan Kantor Wali Kota Pontianak.

Ketua Umum PHBI Kota Pontianak, Yaya Maulidia di Pontianak, Kamis, mengatakan, pihaknya saat ini telah mempersiapkan rencana pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang akan dipusatkan di lapangan depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman.

"Tahun ini kita tidak lagi memberlakukan jarak shaf, tetapi jamaah diminta tetap mengenakan masker," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk areal pelaksanaan Shalat Idul Fitri mulai dari depan Kantor Pos lama hingga ke arah Bank BNI 1946. Terkait kesiapan petugas, Yaya menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran Shalat Idul Fitri yang diperkirakan bakal dipenuhi jamaah.

Selaku panitia Shalat Idul Fitri di depan Kantor Wali Kota Pontianak, pihaknya juga akan mempersiapkan tempat pelaksanaannya, baik itu dari aspek kebersihan termasuk garis shaf serta fasilitas lainnya terutama berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Kami akan persiapkan thermogun, masker, fasilitas untuk tempat cuci tangan, termasuk bantuan penyediaan sarana toilet cabin dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar," jelasnya.

Dia mengimbau jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di lapangan depan Kantor Wali Kota Pontianak untuk membawa sajadah sendiri. Dan bagi yang membawa kertas koran sebagai alas, setelah selesai melaksanakan shalat diimbau untuk membuangnya ke tempat sampah atau dibawa pulang kembali.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Yusnaldi mengatakan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di depan Kantor Wali Kota Pontianak direncanakan akan digelar pada Senin, (2/5) atau disesuaikan dengan keputusan pemerintah pusat dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri.

Waktu pelaksanaannya akan dimulai pukul 06.00 WIB. Adapun yang bertindak sebagai khatib adalah Syech Anas Said Azzobi dan imam oleh H Abdul Syukur Mustafa.

"Kami mengimbau kepada seluruh jamaah yang hendak melaksanakan Shalat Idul Fitri di lokasi tersebut, untuk hadir lebih awal agar memudahkan dalam pengaturan shaf karena diperkirakan jumlah jamaah lebih banyak dibanding tahun lalu," katanya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022