Ajang balap mobil listrik Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, semakin mendekati penyelenggaraan pada Juni 2024.

Sejumlah persiapan telah muncul, seperti penjualan tiket hingga penyelesaian sirkuit. Muncul pula kabar tentang sponsor di media sosial yang menyebut salah satu jenama minimarket, 212 Mart.

Baca juga: Pebalap Formula E dijadwalkan ikuti sesi foto di Monas pada Kamis

Baca juga: PLN siap pasok listrik hijau untuk ajang balap mobil listrik Formula E

Unggahan yang menyebut 212 Mart sebagai sponsor Formula E Jakarta itu muncul pada 14 Mei 2022 di Facebook.

Terdapat narasi yang melengkapi unggahan itu:
"Sponsor formula E,,kini mulai berdatangan"

Namun, benarkah 212 Mart menjadi salah satu sponsor Formula E Jakarta?
 
Unggahan misinformasi yang menyebut jenama minimarket "212 Mart" sebagai salah satu perusahaan yang menjadi sponsor ajang Formula E Jakarta. (Facebook)


Penjelasan:
Unggahan di Facebook yang menampilkan logo sejumlah perusahaan yang diklaim sebagai sponsor Formula E Jakarta, selain "212 Mart" tampak janggal karena logo yang digunakan tidak sesuai dengan nama resmi perusahaan.

Beberapa perusahaan yang disebut dalam unggahan itu merupakan nama pelesetan atau parodi, seperti Kawasakiti, Tanda, Yamaap, Sijuki, dan lainnya. Dengan demikian unggahan itu tampak tidak meyakinkan sebagai informasi resmi.

Panitia penyelenggara Formula E belum menjabarkan secara rinci perusahaan-perusahaan mana saja yang menjadi sponsor ajang balap mobil listrik itu.


Baca juga: Menko PMK ingatkan soal hoaks hepatitis akut dikaitkan vaksin COVID-19

Baca juga: Indonesia siapkan nuklir hancurkan China? Ini penjelasannya


Pada Maret 2022, Direktur Operasional Formula E Jakarta dari Jakpro Gunung Kartiko tidak menyebut sponsor mana saja yang akan mendukung penyelenggaraan balapan itu, baik dari dalam negeri, ataupun luar negeri.

Ketua Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Saroni, seperti dikutip Bisnis.com, juga tidak menyebut perusahaan mana saja yang telah menyepakati sebagai sponsor.

"Kebijakan tentang perilisan sponsor lokal, bukan hanya kewenangan dan kebijakan OC (penyelenggara Jakarta). Namun, harus berkoordinasi dengan kebijakan dari FEO (penyelenggara balapan Formula E)," kata Ahmad Saroni.

Klaim: 212 Mart salah satu sponsor Formula E Jakarta
Rating: Misinformasi

Pewarta: Tim JACX

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022