PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) berkomitmen menjalankan program penghijauan di Kalimantan Barat dan untuk itu menggandeng organisasi Gerakan Pramuka untuk menanam pohon produktif di lahan seluas 2 hektare di Kabupaten Sanggau.

"Penanaman pohon sebagai salah satu langkah untuk menjaga ekosistem darat dan menangani perubahan iklim. Untuk itu melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), kami menggandeng Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Barat sebagai pelaksana program penghijauan di Bumi Perkemahan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau,," ujar Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP KLB Faruq Suyuthi di Pontianak, Rabu.

Ia menambahkan bahwa tidak hanya penanaman pohon, PLN Peduli juga akan membangun sarana pengairan dan menyediakan pemupukan untuk mendukung pemeliharaan tanaman.

“Kami berharap kolaborasi antara PLN dan Gerakan Pramuka ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi dampak positif bagi lingkungan. Kami berharap masyarakat juga akan dapat memanfaatkan lokasi bumi perkemahan ini untuk berbagai kegiatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sanggau yang merupakan Kepala BPBD Sanggau Siron menyebutkan bahwa Bumi Perkemahan Sabang Merah yang terletak di Kabupaten Sanggau merupakan kawasan yang ditetapkan pemerintah untuk dimanfaatkan sebagai tempat melakukan berbagai macam kegiatan kepramukaan dan juga sebagai kawasan hutan kota.

“Kondisi terkini sebagian area bumi perkemahan merupakan area tanpa vegetasi, untuk itu perlu dilakukan penghijauan di area Bumi Perkemahan Sabang Merah ini,” jelas Siron.

Ia mengungkapkan bahwa lingkungan bumi perkemahan yang baik adalah yang memiliki vegetasi yang baik. Dengan kata lain, sebagian kondisi bumi perkemahan memiliki kondisi lingkungan yang kurang memadai karena vegetasinya yang kurang.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN karena sudah mempercayakan kepada Gerakan Pramuka sebagai pelaksana program penghijauan untuk 2 hektare lokasi bumi perkemahan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar pohon yang ditanam nantinya dapat tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: PLN salurkan bantuan mesin produksi listrik senilai Rp100 Juta

Baca juga: PLN Kalbar kolaborasi via Rumah BUMN bina 1.101 UMKM untuk naik kelas

Baca juga: Rumah BUMN PLN Kalbar dorong pertumbuhan usaha 1.101 Pelaku UMKM

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022