Saat libur sekolah ini apakah Anda udah menentukan akan liburan ke mana? Atau sedang bingung menentukan moda transportasi yang akan digunakan ketika liburan sekolah nanti? Jika iya, tak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba traveling menggunakan bus. Sebab, saat ini banyak bus yang menyediakan berbagai rute dengan harga tiket bus travel terbaik.

Tak hanya itu, dengan naik bus Anda juga akan merasakan pengalaman berbeda yang tentunya tidak akan didapatkan saat naik moda transportasi lain. Apalagi, kini sudah semakin banyak perusahaan bus yang melakukan berbagai inovasi untuk membuat penumpang semakin nyaman selama perjalanan.

Tengok saja bagaimana sekarang banyak bus yang menghadirkan kursi, seperti kursi kelas bisnis di pesawat, sehingga semakin memanjakan para penumpang yang menaikinya. Hal ini jugalah yang membuat naik bus tak kalah seru dari naik pesawat.

Tak hanya itu, nyatanya terdapat beberapa keunggulan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari traveling menggunakan bus. Apa saja?

 

1. Bisa Melihat Pemandangan dengan Nikmat

Salah satu alasan terbaik memilih bepergian dengan naik bus adalah bisa melihat pemandangan dengan puas. Bentang alam yang ada selama perjalanan pun akan berbeda-beda dan memberikan sensasi yang berbeda pula.

Terlebih jika Anda bepergian ke berbagai kota di Pulau Jawa, Anda bisa menemukan banyak pemandangan hijaunya persawahan yang memanjakan mata. Terdapat pula banyak pegunungan menawan yang bisa Anda lihat selama perjalanan.

Selain itu, berlibur menggunakan bus membuat Anda bisa menemukan tempat wisata yang tak terduga. Hal ini karena bus punya jarak tempuh yang panjang, sehingga memungkinkan Anda akan melewati destinasi wisata tersembunyi dan tidak pernah direncanakan sebelumnya.

Jangan lupakan juga surga kuliner yang bisa Anda temukan sepanjang perjalanan. Sebab, biasanya bus akan beberapa kali berhenti di tempat peristirahatan dan membuat Anda bisa mengeksplorasi berbagai kuliner khas daerah setempat.

Ilustrasi bus dan pemandangan (Antara/Ilustrasi Antara Kalbar)

2. Bisa Menemukan Kenalan Baru

Jumlah penumpang bus yang tidak terlalu banyak juga memungkinkan Anda bisa menemukan kenalan baru selama perjalanan. Apalagi, tipikal orang Indonesia yang ramah dan senang bertegur sapa dengan orang lain juga semakin memungkinkan Anda bisa mendapatkan kenalan baru.

Anda bisa memulai obrolan dengan sesama penumpang agar tidak merasa bosan selama perjalanan. Saling tukar cerita dengan orang baru menjadi cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat liburan. Tapi tetap hati-hati ya, jangan sampai menceritakan hal-hal yang sifatnya sangat pribadi.

Ilustrasi bus dan pemandangan (Antara/Ilustrasi Antara Kalbar)

3. Tersedianya Banyak Pilihan Bus

Alasan lain yang membuat Anda harus mencoba naik bus ketika liburan sekolah adalah tersedianya banyak pilihan bus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi, semakin berkembangnya zaman, kini bus telah bertransformasi dengan desain dan fasilitas yang telah mumpuni, sehingga Anda akan semakin merasa nyaman.

Saat ini, banyak operator bus yang menyediakan beragam pilihan armada yang bisa dipilih penumpang. Misalnya saja bis executive, di mana bus akan diisi dua kursi di setiap barisnya. Kursi-kursi tersebut juga biasanya bisa Anda renggangkan, sehingga membuat kepala Anda terasa lebih nyaman.

Namun, jika ingin semakin nyaman, Anda juga bisa memilih bus sleeper yang saat ini sudah tersedia di beberapa operator. Kursi di bus sleeper mirip dengan kursi kelas bisnis di pesawat.

Anda bisa membuat kursi nya menjadi tempat tidur, sehingga sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Terdapat pula beberapa fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti tv di setiap kursi, kopi dan teh, serta toilet di dalam bus yang nyaman.

Ilustrasi bus dan pemandangan (Antara/Ilustrasi Antara Kalbar)

4. Harga Tiket yang Terjangkau dan Mudah Dipesan

Liburan naik bus juga bisa menghemat bujet Anda dibandingkan naik moda transportasi lainnya. Sebab, harga tiket bus jauh lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan naik kereta atau pesawat.

Apalagi, jarak tidak terlalu jauh atau melintasi pulau. Sebagai contoh, untuk harga tiket bus sleeper tujuan Jakarta-Yogyakarta saat ini hanya berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu saja, sangat berbeda jauh dengan kereta api dan pesawat. Meski demikian, kenyamanan yang didapatkan pun tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, kini memesan tiket bus pun semakin mudah, karena bisa dilakukan secara online. Sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur memesan bus secara online, misalnya saja Traveloka.

Di Traveloka, Anda bisa mudah memilih bus dari berbagai operator, dengan harga ramah kantong. Mudah, kan?

Ilustrasi bus dan pemandangan (Antara/Ilustrasi Antara Kalbar)

5. Memiliki Waktu Beristirahat

Dibandingkan menyetir sendiri, liburan naik bus akan memberi Anda dan keluarga lebih banyak waktu beristirahat selama perjalanan. Selain bisa tidur dengan nyaman, Anda juga bisa menikmati perjalanan sambil mendengarkan musik hingga streaming film.

Anda juga tak perlu capek-capek harus bergantian menyetir, karena hanya tinggal duduk manis di kursi milik Anda. Dengan tubuh yang bugar, Anda juga bisa menikmati liburan dengan gembira sesampai nya di tempat tujuan.

Bagaimana, siap naik bus saat liburan sekolah nanti?

Pewarta: Septian

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022