Pemerintah Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat menggelar sosialisasi pencegahan, penanggulangan kebakaran di pemukiman dan perkantoran bagi ASN/PTT di lingkungan pemkab setempat.

"Kami mengapresiasi Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Landak atas terselenggaranya kegiatan ini dengan tujuan untuk memberikan dasar pengetahuan kepada masyarakat khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran," kata Asisten III Administrasi Umum Sekda Landak Theresia di Ngabang, Selasa.

Baca juga: Kantor BKPSDM Kapuas Hulu terbakar
Baca juga: Kantor Desa Dalam Selimbau Kapuas Hulu terbakar
Baca juga: Kantor Bupati Kayong Utara di Kalbar terbakar

Menurutnya, dalam melaksanakan ketentuan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020 Pasal 7 Huruf J tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Provinsi dan kabupaten/kota bahwa tugas perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan wajib kebakaran harus melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat.

Untuk itu, dia mengharapkan ke depan, dengan sosialisasi ini masyarakat dapat melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dengan cepat, tepat dan mandiri sambal menunggu petugas kebakaran tiba di lokasi kebakaran.

Baca juga: Bupati Landak Minta Kadis Lapor Polisi Terkait Kebakaran Kantor
Baca juga: Bupati Kapuas Hulu minta polisi segera selidiki penyebab kebakaran BKPSDM
Baca juga: Kantor Bupati Melawi Kini Tinggal Puing

Lebih lanjut, Theresia berpesan agar kegiatan ini dapat menjadi gerakan bersama untuk menabuhkan genderang perang terhadap kebakaran di pemukiman dengan mengedepankan Tindakan preventif atau pencegahan dari pada tindakan responsif kebakaran.

Dia juga mengharapkan kegiatan ini mampu menambah kesiapsiagaan masyarakat atas kondisi lingkungan, sehingga masyarakat mampu mengidentifikasi potensi terjadinya kebakaran dan menginisiasi mitigasi atas terjadinya kebakaran secara sistematis di lingkungan masing-masing.

"Untuk itu, tidak henti-hentinya Saya mengingatkan kembali kepada semua pihak, juga kepada seluruh masyarakat, marilah kita tingkatkan kewaspadaan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran," kata Theresia.

Baca juga: Kantor Bupati Bireuen Aceh diduga sengaja dibakar oknum PNS
Baca juga: Polisi periksa 15 saksi terkait kebakaran Kantor Kejagung
Baca juga: Kantor Multifinance Adira di Pontianak terbakar
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022