Sebanyak 24 etnis di Provinsi Kalimantan Barat, Rabu, menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih menggunakan pakaian adat dari berbagai etnis dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke-77.

"Kami menyambut baik telah dilaksanakannya upacara bendera Merah Putih yang peserta upacara kemerdekaan HUT RI ke-77 RI di Rumah Radakng Pontianak," kata Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar, Chairil Efendi di Pontianak, Rabu.

Dia juga mengapresiasi kepada Perkumpulan Merah Putih Lintas Etnis Kalbar yang telah menginisiasi diselenggarakannya upacara kemerdekaan HUT RI ke-77 RI di Rumah Radakng Pontianak yang disertai deklarasi kebangsaan.

"Di sini tadi dari berbagai etnis di Kalbar membaur dalam mengikuti dan memaknai upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 sehingga tidak ada lagi kesan eksklusif," ujarnya.

Dia berharap semangat juang dan patriotisme para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia harus tetap bersatu padu dalam mempertahankan keutuhan Bangsa Indonesia ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar, Jakius Sinyor menyatakan, kemerdekaan Indonesia harus dijaga oleh semua pihak karena begitu besarnya perjuangan para pahlawan yang telah berkorban, baik harta bahkan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini.

"Alhamdulillah kemerdekaan Indonesia hingga usianya ke-77 dapat dipertahankan, hal itu tidak terlepas dari pengorbanan para pahlawan terdahulu dan juga peran kita semua dalam mempertahankannya," katanya.

Baca juga: Tokoh perbatasan: Mencintai Indonesia bukan sekedar ucapan

Baca juga: 10 putra-putri Indonesia kibarkan Merah Putih di Kuching

Baca juga: Presiden Joko Widodo terkekeh, Iriana berjoget lagu "Ojo Dibandingke" dinyanyikan

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022