Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang Provinsi Kalimantan Barat menetapkan status Siaga Darurat Bencana menyusul adanya potensi banjir, angin puting beliung dan tanah longsor di daerah tersebut.

"Kami membentuk Komando Siaga Darurat Bencana yang akan bertindak cepat melakukan tindakan penanganan dan bantuan apabila terjadi bencana," kata Bupati Sintang Jarot Winarno di Sintang, Kalimantan Barat, Rabu.

Disampaikan Jarot, beberapa daerah di Kabupaten Sintang dalam sepekan terakhir sudah terjadi banjir bandang dan tanah longsor serta ada angin puting beliung.

Menurutnya, pemerintah daerah sudah menyalurkan bantuan untuk korban bencana seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Ketungau Tengah.

Dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem saat ini, Jarot mengimbau seluruh masyarakat di Kabupaten Sintang untuk selalu siaga dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam kapan saja.

Dia juga berharap dengan terbentuknya Komando Siaga Darurat Bencana Kabupaten Sintang dapat mempermudah koordinasi dan penanggulangan bencana apabila terjadi bencana alam di wilayah Sintang.

"Saya juga minta seluruh jajaran untuk merespons cepat dan mengambil langkah penanganan apabila terjadi bencana alam," jelasnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022