Seribu pendekar dari berbagai perguruan silat akan mengikuti apel akbar di halaman Kantor Bupati Ketapang pada 22 - 25 September, kata Heri Iskandar Ketua Panitia Pelaksana Jambore Pencak Silat Sekretaris Daerah (Sekda) Cup tahun 2022 di Ketapang, Rabu. 

"Seluruh perguruan silat yang terdaftar di IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia-red) serta perguruan pencak silat tradisional dan para pendekar yang mewakili kontingen kecamatan se Ketapang akan hadir," ungkap Iskandar. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan data panitia ada 14 perguruan di IPSI dengan total 1.080 pendekar menyatakan siap ikut. Bahkan ada 16 perguruan pencak silat tradisional dengan 300 pendekar menyatakan siap berpartisipasi.

"Jadi peserta kemungkinan bertambah," tuturnya. 

Iskandar menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan Pengurus Kabupaten (Penkab) IPSI Ketapang. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dan Gor Pelti Ketapang mulai 22 hingga 25 September 2022. Kegiatan dimulai dengan apel akbar seribu pendekar. 

Kemudian festival pencak silat tradisional dan kejuaraan pencak silat prestasi. Khusus pencak silat prestasi memperebutkan trofi tertinggi Pendekar Wira Utama, Alexander Wilyo Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang. Serta ajang seleksi menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada November 2022 mendatang.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa. Membina dan membentuk karakter pesilat agar berbudi luhur dan berjiwa kesatria. Serta agar atlet Ketapang bisa mengharumkan nama daerah ke tingkat provinsi hingga nasional," jelasnya.

Pewarta: Subandi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022