Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melalui Dinas BKPSDM  menggelar kegiatan pemetaan potensi dan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah daerah setempat.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Assisten III Adminitrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Romy Wijaya dan dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, Tim Assessor Pemetaan Potensi PNS Pontianak serta para peserta.

Dalam Sambutannya, Romy menyampaikan pemetaan kompetensi ini, sebagai upaya menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional guna peningkatan efektifitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

"Penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional ini dalam penerapan terdapat beberapa permasalahan, oleh sebab itu, perlu dilakukan tata kelola pasca penyetaraan salah satunya dengan pemetaan potensi dan kompetensi terhadap pejabat yang telah disetarakan," kata Romy.

Adapun sasaran dalam pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui gambaran karakteristik pribadi pegawai, mengetahui potensi pegawai, mendapatkan rekomendasi kesesuaian rumpun bidang pekerjaan serta rekomendasi pengembangan kompetensi pegawai.

"Ini menjadi database kompetensi pegawai sehingga membantu dalam pertimbangan untuk melakukan promosi, rotasi dan mutasi pegawai," ucap Romy

Untuk itu, Romy berharap kegiatan pemetaan kompetensi pegawai dapat berjalan dengan lancar serta pengelolaan sumber daya aparatur menjadi lebih baik sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

"Dengan adanya kegiatan ini, ke depan pemerintah Kabupaten Kayong Utara dapat melakukan penataan dan pengelolaan sumber daya aparatur menjadi lebih baik," ujar Romy.

Sementara itu, berdasarkan laporan ketua panitia sekaligus Kepala Dinas BKPSDM Kabupaten Kayong Utara, Jumadi menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan untuk memperoleh data profil potensi dan kompetensi PNS serta data dasar pengelolaan dan pengembangan karir sumber daya aparatur yang profesional.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 orang peserta terdiri dari pejabat fungsional hasil dari penyetaraan, yang merupakan perwakilan setiap perangkat daerah. Untuk itu, saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua," ungkap Jumadi.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022