Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah menjaring sejumlah usulan dari petani di Kabupaten Sambas, di antaranya terkait perlunya sarana pendukung untuk peningkatan produksi hasil pertanian di daerah setempat.

"Saya sudah turun langsung menemui masyarakat terutama petani untuk menjaring aspirasi dan mendengarkan keluhan masyarakat. Dari beberapa usulan perlunya sarana pendukung untuk meningkatkan produksi," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan sarana pendukung untuk peningkatan pertanian yang diajukan petani di antaranya alat pertanian dan jalan usaha tani.

“Contohnya saat saya berkunjung di Desa Tri Kembang, Kecamatan Galing. Kebetulan masyarakat di sini mayoritas adalah petani. Jadi usulan yang mereka sampaikan, selain alat-alat pertanian juga meminta peningkatan jalan usaha tani,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa masyarakat menganggap peningkatan jalan tani menuju kawasan pertanian sangat penting agar mereka dapat mengangkut hasil-hasil pertanian dengan menggunakan kendaraan roda dua lebih mudah

“Selama ini jalan tani yang ada tidak bisa memadai untuk kendaraan roda dua,” kata dia.

Menurutnya lagi dengan tersedianya jalan tani yang memadai, maka para petani dengan mudah mengangkut hasil pertanian. Jalan usaha tani juga dapat memacu para petani untuk terus meningkatkan hasil produksinya.

“Jika alau produksi melimpah, tetapi aksesnya enggak memadai, petani sulit memasarkan. Jadi peningkatan jalan tani ini salah satu harapan masyarakat di sana,” ucap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022