Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, mengajak kalangan pemilih pemula khususnya mahasiswa untuk berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Kami harapkan mahasiswa bisa membantu KPU menyukseskan pemilu, terutama meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih," kata Ketua KPU Melawi Dedi Suparjo kepada ANTARA usai sosialisasi tahapan dan jadwal Pemilu 2024 di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi, Nanga Pinoh Melawi, Kalbar, Kamis.

Dedi mengemukakan kaum muda seperti mahasiswa memiliki peran strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu, terutama kalangan pemilih pemula.

Menurut ia, mahasiswa merupakan agen perubahan di masyarakat dan bisa menjadi contoh serta teladan yang baik untuk menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas.

"Dengan begitu, pemilu bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas, baik di tingkat nasional maupun daerah dalam memilih para calon pemimpin," ujarnya.

Selain itu, mahasiswa juga dapat berperan membantu KPU untuk menyosialisasikan dan menyebarluaskan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Mereka (mahasiswa) bisa ikut serta aktif, baik sebagai pemilih untuk memastikan mereka terdaftar sebagai pemilih maupun datang ke tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 14 Februari 2024," tambah Dedi.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi KPU Malawi di Kampus STKIP Melawi mengusung tema "Mahasiswa Cerdas Berdemokrasi, Sukseskan Pemilu 2024".

"Dengan sosialisasi yang kami laksanakan ini diharapkan mahasiswa mengetahui setiap tahapan dan jadwal pemilu, dengan harapan informasi tersebut kembali disebarluaskan kepada masyarakat, keluarga dan kerabat," ujar Dedi.

Wakil Ketua Bidang III STKIP Melawi Warida mengapresiasi dan menyambut baik langkah KPU Melawi untuk memberikan pemahaman tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2024 kepada para mahasiswanya.

"Kami menyambut baik kegiatan tersebut agar para mahasiswa bisa berpartisipasi aktif untuk ikut serta menyukseskan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Melawi," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022