Pemerintah Kabupaten Kayong Utara telah menggelontorkan anggaran hingga Rp19,6 miliar untuk menanggung  iuran BPJS warganya setiap tahun.

Hal tersebut sesuai dengan  visi dan misi Bupati Kayong Utara Citra Duani untuk menyelenggarakan Kesehatan gratis bagi warga Kayong Utara.

“Sebanyak 43.408 orang telah kita tanggung untuk membayar iuran setiap bulannya ke BPJS Kesehatan,selebihnya ada yang ditanggung pusat dan pihak swasta, karena memang kewajiban perusahaan untuk menanggung BPJS Kesehatan pegawainya,” kata Kepala Bidang Sosial dinas SP3APMD Lukman Hakim saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/10).

 Menurutnya, Kabupaten Kayong Utara juga mendapatkan penghargaan Universal Healt  Coverage (UHC) yang menjamin semua orang untuk mempunyai akses kepada layanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dibutuhkan dengan mutu yang memadai sehingga efektif.

“Alhamdulillah informasi yang saya dapat di lapangan, banyak masyarakat sangat bersyukur atas program Kesehatan gratis ini,  terlebih saat ini biaya Kesehatan sangat mahal dengan adanya program BPJS Kesehatan gratis masyarakat lebih merasa terlindungi dan sangat senang,” kata dia.

Selain itu juga menurutnya, pendaftaran pembuatan kartu BPJS Kesehatan sangat mudah dan langsung bisa digunakan saat itu juga oleh masyarakat yang belum mendaftar.

“Jadi kartu BPJS langsung bisa digunakan saat itu juga oleh masyarakat yang akan berobat  terutama dalam situasi urgen,” terangnya.

 

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022