Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri meminta dinas kesehatan setempat untuk meningkatkan edukasi kasus gagal ginjal akut yang saat ini merebak di Indonesia tak terkecuali Aceh, sehingga masyarakat dapat mencegahnya.

"Kami sudah instruksikan kepada dinas terkait agar pengawasan dan sosialisasi terus ditingkatkan kepada masyarakat, karena ini penyakit berbahaya yang bisa menimpa anak-anak," kata Bakri Siddiq, di Banda Aceh, Senin (24/10).

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq saat mengunjungi salah satu anak yang pernah mengalami gagal ginjal akut di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Bakri menyadari bahwa penyakit gagal ginjal akut yang menghebohkan Indonesia ini sudah menjadi alarm kewaspadaan bagi Pemerintah Banda Aceh, karena orang tua juga sudah harus memeriksa anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Saya mohon kepada orang tua untuk lebih peduli dan langsung memeriksakan anak (demam) untuk dibawa ke puskesmas atau rumah sakit secepatnya, agar bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh," ujarnya.

Bakri juga memastikan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak. Harapannya, penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin.

Karena itu, dirinya menginstruksikan dinas kesehatan untuk terus melakukan edukasi, pemetaan dan pendampingan terhadap pasien yang terindikasi kasus yang mengarah kepada gagal ginjal.

"Selain itu juga mensosialisasikan kepada dokter, apotik untuk tidak memberikan obat-obatan yang disinyalir salah satu penyebab gagal ginjal," demikian Bakri Siddiq.

Baca juga: Ma'ruf Amin tekankan pentingnya penarikan obat penyebab gagal ginjal akut
Baca juga: Menkes sebut gangguan ginjal akut di Indonesia sudah bisa disembuhkan
 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan obat antidotum Fomepizole injeksi untuk pengobatan pasien dengan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Acute Kidney Injuries/AKI) diberikan gratis kepada seluruh pasien.

"Kami bisa simpulkan bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif dan kami akan mempercepat kedatangannya ke Indonesia sehingga anak-anak bisa terselamatkan," kata Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes yang diterima di Jakarta, Selasa. Baca selengkapnya: Menteri Budi Gunadi sebut obat gangguan ginjal akut diberikan gratis kepada pasien

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022