Pemerintah Kabupaten Sambas di Provinsi Kalimantan Barat menggencarkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat.

Bupati Sambas Satono saat dihubungi dari Sambas, Senin, mengatakan bahwa pemerintah daerah melakukan sosialisasi GERMAS secara estafet dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Menurut dia, sosialisasi program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat harus dilakukan dengan cara yang inovatif.

"Tidak sekedar penyuluhan biasa, namun dikemas dengan kegiatan yang menarik," katanya.

Ia mengatakan bahwa selama ini sosialisasi GERMAS antara lain dilakukan melalui kegiatan senam massal dan pemeriksaan kesehatan gratis yang disertai dengan pembagian hadiah.

Kegiatan semacam itu, menurut dia, terbukti berhasil menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi GERMAS di kecamatan.

Bupati mengingatkan warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna mencegah penyakit dan masalah kesehatan yang lain.

Penerapan pola hidup bersih dan sehat, menurut dia, bisa dimulai dengan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir seusai aktivitas dan berolahraga rutin.

"Kemudian perhatikan pola makannya. Kalau pun ada keluhan sakit segera ke puskesmas. Periksa kesehatan secara rutin. Jadi pola sehat dan makanan yang sehat harus diperhatikan," katanya.

"Mari bersama mewujudkan masyarakat yang sehat, generasi sehat, dan dengan begitu daerah bisa maju," ia menambahkan.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022