Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI), Zulpydar Zaidar Mochtar, berharap rangkain Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di berbagai daerah turut melahirkan atlet-atlet terbaik nasional cabang olahraga bola tangan.

"Tentu melalui Porprov lahir atlet khususnya untuk bola tangan yang bukan hanya di tingkat provinsi dan ke depan tingkat nasional. Dengan begitu bola tangan bisa memberikan warna dan wajah baru untuk olahraga di Indonesia serta berprestasi tingkat internasional," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Ia menambahkan untuk menjadi atlet nasional tentu harus melalui kejuaraan nasional terlebih dahulu di mana pada untuk perhelatan pra PON pada 2023 dan PON pada 2024 mendatang.

"Kami terus mendorong atlet bola tangan di daerah untuk optimis memberikan prestasi terbaik sehingga bisa bersaing ditingkat nasional dan bisa berlaga membawa nama Indonesia di pentas dunia," ucap dia.

Baca juga: Ketum ABTI ikut berduka musibah di Stadion Kanjuruhan


Ia menjelaskan bahwa untuk laga internasional, Tim Nasional Bola Tangan Indonesia yang akan berlaga pada International Men & Women Beach Handball Championship 2022 di Thailand baru dilepas keberangkatannya.

Sementara untuk perhelatan Kejuaraan Bola Tangan Pantai Asia, pada Maret 2023 di Jakarta dan Word Beach Handball Agustus 2023 akan diadakan di Bali. Hal itu menjadi peluang atlet bola tangan Indonesia memberikan terbaik dan membawa harum bangsa ini di mata dunia.

"Bola tangan pantai atau beach dan indoor merupakan cabang olahraga Olimpiade. Bahkan PB ABTI akan menggelar Kejurnas pada Desember 2023. Bola tangan juga akan di pertandingan di SEA Games, dan Asian Games. Dengan begitu diperlukan pembinaan yang panjang dan berjenjang," ucap dia.

Khusus laga bola tangan di Porprov XIII Kalbar 2022, sebagai putra daerah Kalbar berharap kegiatan berjalan lancar dan atlet dari berbagai kabupaten atau kota semangat untuk meraih prestasi.

"Cabang olahraga bola tangan di Porprov XIII Kalbar 2022 berlangsung mulai 14 - 18 November 2022. Saya berharap berjalan lancar dan semua memiliki rasa optimis bisa memberikan yang terbaik dan berprestasi," ucap dia.

Baca juga: Zulfydar Zaidar Mochtar siap maju calon Ketum PB ABTI 2022 - 2026

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022