Piala Dunia  2022 di Qatar kembali membuat kejutan karena Jepang mengikuti langkah Arab Saudi   dengan menumbangkan juara dunia empat kali Jerman dengan skor 2-1.

Keberhasilan Jepang dengan skor tersebut sama  dengan ketika Saudi menggulingkan Argentina sehari sebelumnya.

Baca juga: FIFA akan berkantor di Jakarta dalam rangka persiapan Piala Dunia U-20
Baca juga: Susunan pemain Jerman versus Jepang
Baca juga: Jepang tidak gentar hadapi Jerman pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2022

Diawal pertandingan, semula Jerman unggul lebih dulu pada menit ke-33 ketika Iklay Gundogan menaklukkan kiper Shuichi Gonda dari tendangan penalti setelah Gonda melanggar bek sayap Jerman David Raum.

Awal pertandingan Jepang dikurung Jerman sepanjang babak pertama sampai hanya bisa menguasai 19 persen distribusI bola. Namun, pada  babak kedua Tim Jepang mulai perlahan tapi pasti yang didahului dengan serangkaian penyelamatan gemilang Gonda dan kesolidan barisan pertahanan mereka,

Akhirnya saat menit ke-75  Jepang menyamakan kedudukan dari gol Ritsu Doan. Gol ini diawali dari gerakan Kaoru Mitoma yang menusuk pertahanan Jerman untuk kemudian mengoper Takumi Minamino yabng melepaskan tendangan tepat ke arah kiper Manuel Neuer.


Baca juga: Leonel Messi sebut Ini pukulan yang berat sekali,
Baca juga: Piala Dunia 2022: Belgia versus Kanada

Kiper nomor satu Jerman itu berhasil menepis tendangan Minamino tetapi bola muntah disambar Ritsu Doan untuk dijeploskan ke gawang yang sudah tak mungkin dijaga Neuer yang sudah terjatuh mati langkah.

Pertandingan sepertinya akan berakhir seri, tetapi tujuh menit sebelum waktu normal selesai, pada menit ke-83, Takuma Asano menyambut umpan panjang Kou Itakura dari pertahanan Jepang yang dianggap offside oleh pemain-pemain Jerman.

Jepang pun menjadi pemenang laga ini dan sekaligus tim kedua setelah Saudi yang menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 di Qatar.

Rekor fantastis 36 laga tak terkalahkan Argentina terhenti di tangan Arab Saudi yang secara mengejutkan menumbangkan juara Copa America 2021 itu dengan 2-1 dalam pertandingan pertama Grup C di Stadion Lusail, Qatar pada Selasa malam WIB.

Ini adalah salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia ketika tim yang dianggap paling lemah di dalam Grup C justru menumbangkan salah satu favorit terkuat juara Piala Dunia 2022.

Baca juga: Arab Saudi menang 2-1 atas Argentina
Baca juga: 'Semesta mendukung' Arab Saudi saat taklukkan Argentina

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022