Dua destinasi wisata Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, berhasil meraih dua penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 kategori camping ground terpopuler Riam Perangek dan wisata air terpopuler Pulau Lemukutan.

"Bersyukur tahun ini Kabupaten Bengkayang memperoleh dua piala sekaligus dengan predikat terbaik di kategori camping ground terpopuler yaitu Riam Parangek dan predikat terbaik di kategori wisata air terpopuler di Pulau Lemukutan," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang, I Made Putra Negera saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa sebuah prestasi yang membanggakan dan menjadi kejutan bagi tim semua pihak. Menurutnya untuk Pulau Lemukutan sempat turun peringkat dari posisi tiga menjadi peringkat lima di Oktober dan awal November 2022.

Namun, lanjutnya, berkat upaya kreatif yang dilakukan oleh tim, peningkatan promosi, bahkan melakukan promosi saat kegiatan merah putih tapal batas Jagoi Babang, aktifnya dorongan suara yang dilakukan langsung oleh Bupati Bengkayang membuat hal itu bisa juara.

Ia mengatakan dua piala dan penghargaan tersebut dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Bengkayang dan Kalimantan Barat. Ia berharap, Kalimantan Barat suatu saat bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan API.

"Tahun depan Provinsi Ambon menjadi tuan rumah, setelah Aceh tahun ini. Ayo Kalimantan Barat bisa menjadi tuan rumah," harap Made.

Sementara itu, sebagai kepala daerah, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis merasa bangga apa yang sudah diraih Bengkayang. Tentu hal tersebut suatu prestasi yang membanggakan bagi Bengkayang.

"Kita dan saya mengapresiasi juga untuk seluruh masyarakat yg sudah ikut mendukung terpilihnya pulau Lemukutan dan Riam Parangek menjadi juara satu dalam ajang API 2022," ucapnya.

Ke depan kata Bupati, Pemda akan terus mengembangkan dan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang yang mana potensinya masih sangat besar. Tentunya ini perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat.

Kedua lokasi wisata tersebut dalam Pekan Olahraga Provinsi Kalbar ke-13 2022 November ini, Riam Parangek menjadi pusat Porprov untuk Arum Jeram, dan Olahraga Selam di Lemukutan.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022