PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat di Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas, Pemerintah Desa Air Upas dan Banda Sari Kecamatan Air Upas.  

“Kegiatan pengobatan gratis ini kami gelar selama dua hari yaitu pada Kamis (1/12) dan Minggu (4/12) Desember 2022 yang diselenggarakan di ruang Kelas Sekolah Dasar Negeri 03 Air Upas dan Aula Desa Banda Sari Kecamatan Air Upas, dengan sasaran lansia, anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui,” kata  Manager CSR CMI Site Air Upas, Agustinus Mulyatmojo di Ketapang, Rabu.

Agustinus mengatakan, dalam pengobatan gratis itu dilakukan diantaranya pengecekan kesehatan seperti kolesterol, asam urat, gula darah dan beberapa indikator penyakit lainnya. kemudian pasca pengecekan akan diberikan rekomendasi pengobatan dari tenaga kesehatan (dokter) yang berada di lokasi.

“Dan, kegiatan pengobatan gratis ini diikuti sebanyak 206 masyarakat yang mengikuti pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan tenaga kesehatan,  masyarakat yang berobat didominasi terkena penyakit kolesterol 25pesen, darah tinggi 21 persen, asam urat 20 persen, maag 11 persen, ISPA 10 persen, diabetes 4 persen, diare 1 persen dan penyakit kulit 1 persen. Sedangkan masyarakat yang dinyatakan sehat dari hasil medical checkup sebanyak 7 persen,” ungkap Manager CSR, Agustinus Mulyatmojo.

Hadir juga dalam pengobatan gratis tersebut yaitu dokter dari Klinik CMI, Dr. Sani, Kepala Desa Banda Sari, Bruno Babo, Kepala Desa Air Upas, Sembiring, Dokter Puskesmas Kecamatan Air Upas, Dr. Faisal dan Bidan Lini, serta beberapa tokoh masyarakat yang ada di Desa Air Upas dan Banda Sari.

Agustinus Mulyatmojo lebih jauh menjelaskan, bahwa CMI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa secara berkala pada tahun 2023 nanti. Menurutnya melalui kegiatan ini, CMI berharap akan memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya kesehatan, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab social perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar wilayah operasional.

“Kegiatan CSR-PPM (Program Pengembangan Masyarakat) Bidang Kesehatan ini dalam rangka bersinergi dengan Puskesmas Kecamatan Air Upas dalam mengupayakan dan mendorong kesehatan menyeluruh bagi warga,” ujar Agustinus.

Sementara itu, Kepala Desa Banda Sari, Bruno Babo dalam kesempatan itu mengutarakan ucapkan terima kasih kepada CMI atas terlaksananya kegiatan CSR Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Desa Banda Sari. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut masyarakat menjadi sadar akan kesehatan dan mengetahui kondisi kesehatan dan penyakit yang saat ini diderita serta upaya untuk pengobatan nya.

“Kami sangat berterima kasih kepada CMI atas terselenggara nya kegiatan positif ini, sehingga masyarakat mengetahui kondisi kesehatannya. Serta berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Selanjutnya perusahaan akan menyasar ke daerah-daerah yang masih kurang akses kesehatan seperti di wilayah Lumpak, Pemintuan dan sekitarnya sehingga manfaat program bisa lebih dirasakan oleh semua warga.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022