Kepala Kantor Cabang  BPJS Ketenagakerjaan Pontianak, Ryan Gustaviana mengatakan bahwa cakupan jaminan sosial ketenagakerjaan yang masuk dalam programnya di Kalbar sudah melindungi 667.719 pekerja.

"Peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan di Kalbar hingga November 2022 mencapai 667.719 pekerja. Peserta aktif tersebut dari total potensi 1.786.809 angkatan kerja berdasarkan data BPS dan dikurangi untuk pekerja ASN, TNI, dan Polri," ujar Ryan  di Pontianak, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan cakupan perlindungan di antaranya mengintegrasikan perluasan cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dalam pembangunan daerah. Bentuknya berupa penyusunan regulasi tingkat daerah yang dapat mendukung optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, perlindungan kepada kelompok-kelompok pekerja binaan setiap perangkat daerah, hingga bantuan iuran perlindungan  kepada pekerja mandiri kategori rentan.

"Selain integrasi dengan pemerintah daerah, kami tetap fokus pada upaya peningkatan literasi dan kemudahan akses  layanan mulai dari pendaftaran hingga klaim manfaat. Bentuk saluran yang tersedia antara lain akses digital seperti website Pendaftaran Online Mandiri (POM), aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), kolaborasi  dengan badan-badan usaha keuangan dalam bentuk keagenan korporasi, hingga kemitraan agen-agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI)," jelas dia.

Ia mengajak masyarakat yang belum terlindungi untuk bergabung dengan mendaftarkan diri baik secara pribadi maupun melalui perusahaan di mana bekerja. Pendaftaran dapat dilakukan menggunakan website BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pos, Link Aja, BNI Agen46, Agen Brilink, PERISAI, dan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Untuk iuran peserta mandiri minimal Rp16.800 atau Rp36.800 dan untuk 
iuran pekerja formal berkisar dari Rp200.000- Rp. 277.000 dengan dasar upah UMP provinsi 2022 sudah dengan tabungan Jaminan Hari Tua.

"Inovasi  dalam mempermudah menjangkau peserta, misalnya melalui kemudahan pembayaran iuran yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan untuk kemudahan pembayaran iuran adalah bekerja sama dengan Credit Union seperti Semarong Mobile, Pancur Kasih Mobile serta memberikan informasi iuran peserta dapat dibayar melalui Indomaret, Alfamart, ataupun kantor Pos," papar dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022