Tim gabungan melakukan patroli disejumlah titik strategis termasuk rumah ibadah memastikan situasi pada malam perayaan Natal di Kapuas Hulu Kalimantan Barat kondusif.

"Hingga saat ini Kapuas Hulu kondusif dan kami pastikan Kapuas Hulu aman sehingga tercipta kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Natal," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, saat patroli gabungan di Gereja Katolik Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu malam.

Disampaikan France, patroli gabungan tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi dan cegah dini tindak kejahatan pada malam perayaan natal terutama di sekitar gereja yang melaksanakan ibadah malam natal.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut melibatkan 450 personil terdiri dari Polri, TNI dan pihak Pemkab Kapuas Hulu dan organisasi kemasyarakatan yaitu Banser dan Sahabat beramal.

"Dengan dilaksanakannya patroli dan pengamanan gabungan akan memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal," katanya.

Disebutkan dia, di wilayah Kapuas Hulu ada 180 gereja yang digunakan untuk ibadah Natal dengan mendapatkan pengamanan di masing-masing gereja yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu.

"Situasi saat ini kondusif, hanya saja ada sedikit hujan tadi pagi, namun berdasarkan prediksi BMKG Kapuas Hulu masih aman," jelas France.

Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau Letkol Info Sri Widodo mengatakan Kodim Putussibau menurunkan 150 personil yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu.

"Kami pastikan keadaan aman dan kondusif dan kami dari TNI membackup pengamanan Natal dan Tahun Baru, sekali lagi kami jamin keamanan," kata dia.

Dia juga mengucapkan selamat Hari Raya Natal kepada seluruh umat kristiani yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

"Selamat Natal dan Tahun Baru untuk masyarakat Kapuas Hulu," ucap Sri Widodo.

Usai melaksanakan patroli gabungan, Kapolres Kapuas Hulu bersama Dandim 1206 Putussibau dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu meninjau serta menyerahkan tali asi bagi petugas keamanan di Pos pengamanan samping Gereja Katolik Putussibau.
Patroli gabungan di Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau, dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, Sabtu malam (24/12/2022). ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022