Belanja online sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi kaum perempuan. Kemudahan dalam berbelanja secara online memberikan banyak keuntungan, karena Anda bisa membeli kebutuhan tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Sedangkan untuk perempuan yang aktif bekerja dikantor, belanja online juga akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Alasan Perempuan Lebih Suka Belanja Online

Ada beberapa hal yang menjadi alasan bagi perempuan yang lebih memilih berbelanja secara online, antara lain:

1.    Terlalu Banyak Pekerjaan atau Aktivitas

Padatnya aktivitas di kantor maupun di tempat lain selama hari kerja membuat Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Sehingga kegiatan akhir pekan ingin Anda habiskan dengan bersantai atau beristirahat. Namun, bagaimana kalau ada kebutuhan yang harus dibeli atau muncul keinginan untuk berbelanja? Sedangkan tubuh Anda rasanya malas beranjak dari sofa.

 

Belanja online akan menjadi pilihan menarik, karena Anda bisa melakukannya di mana saja serta kapan saja. Transaksinya pun tidak rumit, karena Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan smartphone. Jangan lupa untuk memastikan bahwa toko online tersebut dapat dipercaya.

2.    Waktunya Lebih Efisien

Anda yang ingin berbelanja di mal atau toko, tentu harus siap dengan meluangkan waktu disela rutinitas lainnya untuk menghadapi kemacetan, serta berkeliling untuk memilih barang. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan lebih banyak tenaga dan biaya untuk pembayaran bensin dan parkir.

Anda bisa membandingkannya dengan belanja online. Cukup dengan menelusuri web online shop, dengan mudah bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan Anda. Sehingga waktu Anda bisa digunakan untuk melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

3.    Menghindari Stres

Saat sedang ada promo atau sale, Anda tidak perlu berdesak-desakan dengan pembeli yang lain untuk berebut barang. Anda dapat memilih barang secara nyaman hanya menelusuri web online shop untuk melihat produk-produk yang sedang ikut promo atau sale. Alasan kenyamanan ini yang sering membuat perempuan lebih menyukai belanja online, tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga.

4.    Dapatkan Diskon dan Promosi

Keuntungan berikutnya dengan belanja online adalah mendapatkan diskon dan promosi dengan mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan email saja, maka akan mendapatkan promosi hingga potongan diskon. Apabila sudah menjadi pelanggan, makan informasi tentang program promosi akan Anda dapatkan secara berkala.

Alasan Perempuan Lebih Suka Belanja Online Dibandingkan Pria

Anda pasti juga pernah mengalami beda taste terhadap suatu barang dengan orang lain. Apalagi jika perbedaan terjadi dengan lawan jenis yang tentu saja sudah memiliki perbedaan secara psikologis.

Memang sudah bukan rahasia lagi jika perempuan lebih suka belanja online dibandingkan pria, secara umum bisa dirangkum sebagai berikut :

1.    Mudah Tergoda Diskon dan Promosi

Perempuan selalu memiliki kepuasan tersendiri saat bisa membeli barang dengan harga diskon atau sedang promosi. Berbeda dengan pria yang lebih mementingkan kualitas barang, tidak masalah jika harganya mahal. Maka tidak heran jika perempuan lebih mudah tergoda diskon atau promo dibandingkan pria.

2.    Tidak Fokus pada Tujuan Utama Belanja

Kebiasaan perempuan berbelanja dalam waktu yang lama. Biasanya untuk membandingkan brand satu dengan yang lainnya untuk satu jenis barang. Sehingga membuatnya tidak fokus pada barang utama yang akan dibeli, tapi membeli barang-barang kecil lainnya karena harga murah dan lucu. Berbeda dengan pria yang product focused, maka akan membeli produk yang hanya dibutuhkan saja.

3.    Lebih Mudah Terpengaruh Public Figure atau Influencer

Sama seperti diskon, perempuan juga mudah terpengaruh oleh influencer dan public figure. Apalagi jika sudah menjadi fan salah satu public figure, maka apapun barang yang digunakan idolanya pasti akan dibeli juga.

4.    Keinginan untuk Mengikuti Tren

Perempuan selalu memiliki keinginan untuk tampil modis dan onpoint. Alasan inilah yang menuntut perempuan untuk selalu update dan mengikuti tren. Mereka tidak akan suka jika dikatakan kurang modis baik dalam kosmetik maupun pakaian. Alasan inilah yang membuat perempuan tertarik membeli barang, walaupun hanya untuk sekali pakai saja.

5.    Belanja untuk Refreshing

Pernah mendengar kalau stres perempuan akan hilang setelah berbelanja? Tentu saja hal ini bukanlah mitos, perempuan akan lebih memilih belanja untuk menghilangkan stres dibandingkan istirahat atau liburan yang disebut dengan retail therapy. Tidak perlu pergi jauh, hanya dengan membeli makanan dan minuman favorit atau belanja online saja, maka mood perempuan akan kembali dengan mudah.

Untuk memenuhi kebutuhan belanja perempuan tersebut, maka Blibli menghadirkan berbagai fitur yang menarik. Salah satunya program promo yang akan muncul pada bagian atas aplikasi, untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui promo yang sedang berlangsung. Maka, puaskan keinginan belanja online Anda hanya di Blibli.

Sumber :

  1. https://www.blibli.com/
  2. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2322940/4-alasan-utama-wanita-kini-senang-belanja-online
  3. https://journal.sociolla.com/lifestyle/5-alasan-wanita-lebih-suka-berbelanja

 

Pewarta: Nurjali

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022