Wuling Motors pada akhir semester kedua 2022 mengenalkan Almaz Hybrid yang ditawarkan dengan harga terjangkau di kelas sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang berpenggerak hibrida.

Almaz Hybrid dijual Rp470 jutaan dengan fitur terlengkap, sedangkan kompetitornya menjual hybrid seharga mulai Rp458 juta dan termahal Rp614 juta.

ANTARA berkesempatan menjajal Almaz Hybrid periode 3-4 Januari 2023 menilai bahwa aspek unggul mobil ini terletak pada teknologi, harga dan efisiensi bahan bakar yang ditawarkan.

Baca juga: Naikkan daya listrik bisa gratis bagi pemilik mobil listrik Wuling

Di atas kertas, Almaz Hybrid 2022 mengusung mesin 2.000 cc hibrida dengan torsi puncak 168 Nm pada putaran 4.000 hingga 4.400 rpm dan tenaga maksimal hingga 123 hp pada putaran 5.600 rpm. Terdapat mode kendara untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya, antara lain hybrid parallel, series hybrid, dan EV Mode.

Di sisi lain, pengemudi tak usah repot memilih mode kendara tersebut, melainkan sistem Wuling Almaz yang memilihkannya sesuai dengan kebutuhan mesin.

Mempertahankan karakter Wuling yang mendobrak teknologi mobilitas di Indonesia, Almaz Hybrid tidak lepas dari berbagai fitur unggulan meliputi Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang meliputi Automatic Light, Safe Distance and Braking Assistance, Lane Recognition, dan Adaptive Cruise, serta fitur kelas premium semisal Panoramic Sunroof, Bluetooth Key, hingga fitur keselamatan aktif.

Fitur keselamatan aktif yang diberikan Wuling antara lain Lane Keeping Assistance, Intelligent Head Beam Assistance, Lane Departure Warning, dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance. Dengan demikian, mobil ini bisa dikatakan sebagai paket lengkap di kelas SUV tujuh penumpang dengan penggerak hybrid.

Interior dan Eksterior
 
Wuling Almaz Hybrid (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)


Meski berjenis kelamin sport utility vehicle (SUV), Almaz Hybrid memberikan ruang kabin yang lega layaknya mobil keluarga. Tampilan premium terlihat dari tampilan dashboard yang futuristis, panoramic sunroof dan kulit sintetis yang melapisi jok.

Bagi Anda yang membawa anak dalam perjalanan, tersedia sandaran tangan dengan cup holder untuk menempatkan botol minuman dan makanan ringan.

Hadirnya Wuling Indonesian Command (WIND) atau perintah suara berbahasa Indonesia juga membuat berkendara lebih praktis juga membuat penumpang betah menikmati hiburan hanya dengan perintah suara.

WIND bisa difungsikan untuk mengakses banyak fitur bahkan mampu mencerna bahasa perintah sehari-hari, semisal buka jendela, nyalakan radio, matikan AC, dan lain sebagainya

Pada bagian eksterior, Almaz Hybrid sebenarnya memakai basis Almaz RS namun diberi ubahan pada velg 18 inch yang membuat varian ramah lingkungan ini kian kekar.

Almaz Hybrid diberikan aksen biru pada cover lampu depan dan garis yang memanjang pada bumper untuk memberikan ciri khas mobil hybrid. Aksen biru juga terlihat pada tuas persneling yang kini berdesain futuristis.

Baca juga: Seperti ini desain futuristik interior Wuling Air EV

Mesin

Almaz Hybrid memakai mesin 2.000cc, naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle dengan motor listrik "Permanent Magnet Synchronous Motor" yang dikawinkan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Jenis baterai yang digunakan adalah Ternary lithium-ion (NMC), berkapasitas 1.8 kWh dan rated voltage 355 V.

Suspensi yang dipakai adalah McPherson strut untuk sisi depan dan Torsion beam pada belakang dengan Rack & pinion with Electric Power Steering (EPS).


Performa optimal, BBM efisien

Motor listrik Permanent Magnet Synchronous yang dipakai Almaz Hybrid mampu mengeluarkan tenaga dan torsi maksimal 174 hp / 320 Nm. Maka tidak heran, meski memiliki bodi yang besar (4,655 x 1,835 x 1,760), Almaz dengan mudah melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 9-10 detik.

Baca juga: Wuling berhasil bukukan 1.448 SPK selama di GIIAS 2021

Akselerasi itu didapatkan dengan mudah berkat kinerja kombinasi motor listrik dan mesin bensin yang bekerja simultan selama mobil beroperasi.

Selama perjalanan, otak pada mesin Almaz Hybrid mengatur pergantian mode dari EV hingga HEV sesuai dengan kebutuhan mesin tanpa perlu melibatkan pengemudi. Pengemudi hanya merasakan perubahan dari EV ke HEV saat mobil terdengar menyalakan mesin secara otomatis tanpa getaran.

Nilai tambah mobil ini adalah efisiensi bahan bakar yang mencapai 19km/liter berdasarkan NEDC.

Sedangkan saat dicoba di jalanan Jakarta saat hari kerja, konsumsi bahan bakar yang kami dapatkan antara 18,5 km/liter hingga 22 km/liter, tergantung kondisi lalu lintas dan cara mengemudi Anda.

Dengan demikian, pengguna Almaz Hybrid bisa mengefisienkan anggaran bahan bakar untuk operasional harian, namun tetap mendapatkan kendaraan dengan fitur lengkap berkelas premium.

Wuling juga menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer.



Daftar Fitur ADAS
Adaptive Cruise Control (ACC) Yes
Bend Cruise Assistance (BCA) Yes
Traffic Jam Assistance (TJA) Yes
Intelligent Cruise Assistance (ICA) Yes
Safe Distance Warning (SDW) Yes
Forward Collision Warning (FCW) Yes
Collision Mitigation System (CMS) Yes
Automatic Emergency Braking (AEB) Yes
Intelligent Hydraulic Braking Ast (IHBA) Yes
Lane Departure Warning (LDW) Yes
Lane Keeping Assistance (LKA) Yes
Intelligent Head Beam Ast (IHMA) Yes

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023