Jajaran Kepolisian Resor Kapuas Hulu mengajak masyarakat di Kecamatan Suhaid daerah pesisir Sungai Kapuas wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di lingkungan masyarakat setempat. 

"Masyarakat bisa menjadi polisi bagi diri sendiri dan keluarga untuk menjaga kamtibmas di lingkungan sekitarnya dan jika ada hal-hal mencurigakan kami berharap segera melaporkan ke jajaran kepolisian," kata Kapolsek Suhaid IPDA Ismail Sinuraya, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Diketahui Kecamatan Suhaid salah satu kecamatan yang berada di daerah pesisir sungai Kapuas wilayah Kapuas Hulu.

Disampaikan Sinuraya, petugas keamanan tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya kerjasama dari masyarakat, terutama dalam menciptakan situasi yang kondusif di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat juga bisa berpesan aktif demi terwujudnya masyarakat yang aman dan nyaman di lingkungan masing-masing.

"Makanya untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan tumbuh rasa kekeluargaan melalui program sambang kampung, kami selalu bersilahturahmi ke rumah-rumah warga sambil menyampaikan imbauan Kamtibmas," kata dia. 

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengatakan program sambang kampung salah satu upaya kepolisian untuk lebih berbaur dengan masyarakat. 

Menurutnya, seluruh jajaran kepolisian di wilayah Polres Kapuas Hulu hingga Polsek dan Babinkamtibmas harus lebih memasyarakat.

"Kegiatan tersebut tidak hanya mempererat silaturahmi, namun upaya Polri untuk selalu mendekatkan diri kepada masyarakat tidak ada jarak polisi dan masyarakat, dengan memperbanyak silahturahmi maka kita bisa mengetahui keluhan masyarakat dan Polri harus selalu hadir membantu meringankan beban masyarakat," pesan France.

Dia berharap kegiatan sambang kampung itu terus dilaksanakan agar terjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif.
Kapolsek Suhaid IPDA Ismail Sinuraya bersama anggotanya menyambangi rumah warga mempererat silahturahmi bersama masyarakat untuk menciptakan Kamtibmas di Kecamatan Suhaid wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Polsek Suhaid. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023