Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk membahas pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di wilayah Kalimantan Barat.

"Rapat lintas sektoral itu untuk menyampaikan persepsi dan untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan Operasi Liong Kapuas pengamanan Imlek dan Cap Go Meh," kata Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, di Pontianak, Senin.

Disampaikan Suryanbodo, pelaksanaan Operasi Liong Kapuas 2023 tersebut berlangsung selama 17 hari, dari 21 Januari hingga 6 Februari 2023 yang diawali dengan apel gelar pasukan pada 20 Januari 2023 mendatang.

Dia menyebutkan untuk daerah sasaran prioritas pengamanan yaitu Kota Singkawang dan Kota Pontianak. Lebih mengedepankan preemtif dan preventif, sedangkan untuk polres lainnya melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan.

Menurutnya, untuk menciptakan keamanan dan ketertiban pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh perlu kerja sama semua pihak yang melibatkan sejumlah stakeholder terkait.

"Untuk itulah, pada kesempatan ini kami mengundang untuk berkoordinasi dan berdiskusi guna memastikan bahwa seluruh stakeholder terkait melaksanakan fungsinya demi lancarnya kegiatan imlek dan cap go meh yang akan berlangsung," jelas Suryanbodo.

Dia berharap seluruh pimpinan instansi atau para pihak terkait untuk menghilangkan egosektoral masing-masing dan mempercepat rantai birokrasi tanpa melanggar aturan dan ketentuan, sehingga tujuan dalam membangun Kalbar yang unggul dan kompetitif dapat terwujud.

"Kita harus bersyukur, atas segala capaian yang telah kita raih secara bersama dengan unsur Forkompimda dan para stakeholder dalam sinergi yang turut andil membantu pemerintah dalam memberikan rasa kenyamanan, keamanan dan damai pada setiap event perayaan umat beragama," kata Suryanbodo.

Kapolda itu berpesan agar masyarakat yang melaksanakan Imlek dan Cap Go Meh selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat yang merasa kurang fit agar selalu memakai masker dan menjaga jarak. Semoga perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 dapat berjalan lancar dan kondusif," kata Suryanbodo Asmoro.

Baca juga: 185 personil Polres Kapuas Hulu siap amankan Imlek

Baca juga: Perayaan Imlek di Singkawang akan dimeriahkan dengan pentas seni dan budaya

Baca juga: Polisi ajak semua pihak jaga Kamtibmas sambut Imlek

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023