Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kapuas Hulu Kalimantan Barat Rupinus mengatakan prioritas penggunaan dana desa pada Tahun 2023 ini salah satunya untuk pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di tingkat desa.

"Dalam pemulihan ekonomi desa diberikan kewenangan seperti pendirian dan pengembangan kapasitas BUMDes, ekonomi produktif dan juga desa wisata," kata Rupinus, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Rupinus, prioritas penggunaan dana desa tersebut sudah tertuang dalam petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui aturan berlaku.

Menurutnya, selain untuk pemulihan ekonomi nasional, dana desa juga digunakan untuk program prioritas nasional yang juga menyesuaikan kewenangan desa seperti perbaikan dan konsolidasi data SDGs desa, ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan dan penurunan stunting hingga sejumlah pembangunan di desa termasuk bantuan langsung tunai (BLT).

"Selain itu, dana desa juga diprioritaskan untuk mitigasi dan penanganan bencana di desa, jadi tiga prioritas penggunaan dana desa itu harus menjadi perhatian para kepada desa khususnya di Kapuas Hulu," kata Rupinus.

Disebutkan Rupinus, dana desa di Kapuas Hulu Tahun 2023 sebesar Rp241,9 miliar untuk 278 desa yang tersebar di 23 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Dia menekankan agar penggunaan dana desa tersebut dilaksanakan secara transparan dengan musyawarah untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di desa.

"Kepala desa harus mampu mengelola dana desa untuk memajukan desanya, laksanakan aturan dan ikuti petunjuk teknis penggunaan dana desa, jangan sampai berurusan dengan hukum," pesannya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023