Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan fokus pengembangan yang harus segera dituntaskan Kemenparekraf   adalah lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditargetkan rampung pada akhir 2023 atau pertengahan 2024.

"Sebagai contoh Likupang yang masih terkendala di lahan hingga infrastruktur seperti ketersediaan air bersih," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kemenparekraf, lanjut dia, akan memperkuat kolaborasi dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk bisa mempercepat pembangunan dan menyelesaikan kendala yang masih ditemui di lapangan.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak investor bangun destinasi wisata Kalimantan Barat

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga menuturkan target lain yang perlu dicapai yakni pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) sebesar 1,4 miliar di 2023. Untuk mendukung capaian tersebut pihaknya memerlukan data berbasis mobile positioning yang dapat menghitung jumlah pergerakan wisatawan secara absolut.

Sementara itu untuk wisatawan mancanegara (wisman), Menparekraf akan mengeluarkan data riil tiap bulan, sehingga kunjungan wisman bisa dipantau tiap bulan dan mampu mencapai target batas atas sebesar 7,4 juta pergerakan.

Baca juga: UMKM harus mampu tangkap peluang di tahun politik

Terkait PDB (product domestic bruto), ia mengatakan PDB sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) terhadap ekonomi Indonesia sendiri masih berada di bawah 4 persen, sementara target PDB sektor parekraf 2023 berada di angka 4,1 persen.

"Tapi saya yakin, jika kita terus melakukan perbaikan-perbaikan maka kita akan capai ini di tahun 2024 di atas target 4,2 persen," ujarnya.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Qatar dimanfaatkan Sandi promosikan pariwisata RI
 
 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno mengatakan optimistis sektor parekraf dapat tumbuh dan bertahan di kuartal empat tahun 2022.

“Untuk kuartal empat, kami lebih optimistis karena ada liburan akhir tahun, dan peningkatan wisatawan mancanegara yang kita harapkan bisa di atas 3 juta dan juga pergerakan wisatawan dalam negeri yang targetnya 1,4 miliar,” kata Sandiaga saat dijumpai di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Menparekraf mengatakan pergerakan para pelancong diharapkan akan terus menompang pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan lapangan kerja terkait.

Ia melanjutkan, kini jumlah lapangan kerja sudah berada di atas 40 juta. “Harapannya tentunya dengan kegiatan-kegiatan peningkatan produk lokal juga menompang ekspor yang lebih tinggi tahun depan,” kata Sandiaga. Baca selengkapnya: Sektor parekraf dapat tumbuh di kuartal 4 2022

Pewarta: Sinta Ambarwati

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023