Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mencatat penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tertinggi di Kalbar yang mencapai Rp605 miliar pada 2022.

"UMKM di Kubu Raya tertinggi dalam menyerap atau memanfaatkan KUR dari pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI. Dari total Rp5 triliun KUR di Kalbar, Kubu Raya andil Rp605 miliar," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Kubu Raya, Sabtu.

Ia menjelaskan saat ini total UMKM di Kubu Raya mencapai 20.194. Pelaku UMKM terdata dengan baik dan melalui sistem data online.

"UMKM di Kubu Raya ini berbasis data. Sebaran dan jenis UMKM terdata dengan baik. Sehingga dalam hal apa pun dapat terpantau dan didorong atau dibina termasuk soal penyerapan KUR," kata dia.

Ia menambahkan pelaku UMKM yang disabilitas juga dapat diketahui dan diakomodasi melalui berbagai program.

"Ternyata jumlah UMKM disabilitas juga berperan besar dalam memajukan ekonomi daerah. Mereka bekerja di rumah dan menjadi pelaku usaha. Berhubung berbasis data, maka UMKM disabilitas terdata dan terpantau," papar dia.

Untuk memajukan UMKM di Kubu Raya agar digital pihaknya juga melakukan pembinaan bersama dengan Bank Indonesia untuk memanfaatkan transaksi pembayaran melalui QRIS.

"UMKM yang sudah menggunakan QRIS di Kubu Raya saat ini sudah mencapai 16.000 pelaku usaha. Itu terus kita dorong agar semua usaha juga tidak luput dari digital karena semua sudah mengandalkan serba digital," ucap dia.

Dalam kegiatan Kemenkeu Satu Sinergi dan Kolaborasi Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan, Bupati Kubu Raya menjadi pemimpin daerah yang diberikan kesempatan memberikan sambutan sekaligus memaparkan potret UMKM di daerahnya.

Saat ini sudah ada 50 UMKM dibina termasuk di Kabupaten Kubu Raya. Pemkab Kubu Raya akan terus melakukan pemberdayaan UMKM di Kalbar melalui peran dan fungsinya serta memaksimalkan program ini mulai dari akses permodalan dengan KUR dan UMi, pendampingan ekspor dan lainnya, ujar Muda Mahendrawan.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023