Matak seorang laki-laki berusia 63 tahun warga Dusun Baru, Kecamatan Belitung yang terjatuh dari  KM. Sabuk Nusantara 30 di perairan Karimata, ditemukan Tim Search And Rescue (SAR) gabungan di Pulau Pandan dalam kondisi selamat.

"Korban setelah ditemukan oleh tim SAR gabungan, kemudian korban langsung dievakuasi menggunakan rigid inflatable boat Pos SAR Ketapang," kata Kepala Basarnas Pontianak I Made Junetra melalui rilis tertulis yang diterima ANTARA Kalbar di Pontianak, Selasa.


I Made Junetra mengatakan korban tersebut ditemukan di Pulau Pandan yang berjarak 6.68 Nautical Mile dari Pulau Pelapis. 

"Kondisi korban sehat namun mengalami lemas akibat terjadi di perairan Karimata," imbuh Made.

Made menambahkan untuk selanjutnya korban dibawa menuju Tanjung Ru untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan kemudian Korban dibawa ke Pulau Serutu untuk diserahkan ke pihak keluarga.

"Setelah kami evakuasi dari Pulau Pandan korban kami bawa menuju Tanjung Ru untuk pemeriksaan medis, setelah dinyatakan sehat, kemudian kami serahkan kepada pihak keluarga di Pulau Serutu," terang Made.

Dia menambahkan, korban sebelumnya diketahui seorang penumpang KM. Sabuk Nusantara 30 rute Teluk Batang- Kepulauan Karimata terjatuh saat kapal melintasi Pulau Pelapis. 

"Kami mendapat laporan korban terjatuh pada tanggal 19 Februari 2023, kemudian pencarian telah dilakukan tim SAR gabungan hingga hari ke dua sebelum akhirnya ditemukan selamat terdampar di pulau Pandan Kepulauan Karimata," ungkap Made.

Ditambahkan nya, adapun unsur-unsur yang terlibat dalam upaya pencarian korban yaitu Tim rescue  Pos SAR Ketapang, Tim Rescue Unit Siaga SAR Kabupaten Kayong Utara, Pos Mat TNI AL Karimata, Polres KKU,  KSOP Teluk Batang, KSOP Kelumpang Karimata, keluarga korban dan nelayan setempat. 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023