Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat untuk meningkatkan kualitas atlet menjelang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Sumut-Aceh.

"Pemprov akan selalu menyokong dengan penuh semangat untuk prestasi para atlet, baik saat bertarung di Pra-PON 2023 maupun PON 2024. Saya harap KONI, pengprov, maupun pengcab di kabupaten/kota dapat terus memupuk kualitas atlet agar berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson di Pontianak, Rabu.

Harisson juga mengatakan, Pemprov Kalbar akan membangun gedung olahraga terpadu untuk menunjang aktivitas olahraga sehingga dapat meningkatkan prestasi para atlet di Kalbar.

"Untuk fasilitas olahraga, tahun ini Gubernur Kalbar akan membangun gedung olahraga terpadu di kawasan Gelora Khatulistiwa dengan dana yang disiapkan sebesar Rp70 miliar. Tahun ini juga bekas velodrom yang tidak jadi itu akan kita bongkar dan selanjutnya akan dibangun fasilitas olahraga," tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Kalimantan Barat, Fachrudin D Siregar mengatakan akan memprioritaskan atlet yang berkualitas dan berpotensi meraih prestasi untuk tampil di Pra-PON 2023 dan PON 2024.

"Kita akan melihat yang terbaik, berpotensi, dan berprestasi, itu yang kita bawa. Kita tidak mencari kuantitas tapi yang penting kualitas. Karena kalau kita mengutamakan kuantitas pasti hasilnya tidak baik sehingga nanti akan kita latih lebih baik lagi untuk mengikuti PON 2024," katanya.

Fachrudin mengatakan dari 58 cabang olahraga (cabor) di KONI, ada 15 cabor yang akan diikutkan dalam Pra-PON 2023 pada Agustus sampai September. Ia juga meminta agar seluruh atlet dapat mempersiapkan diri dengan baik.

"Ada 15 cabor yang akan ikut kemungkinan bisa lebih banyak. Jadi saya minta para atlet dapat mempersiapkan diri dengan pola latihan dan pembinaan yang maksimal," katanya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya pembangunan gedung olahraga terpadu dan perbaikan fasilitas olahraga dari Pemprov Kalbar dapat meningkatkan semangat dan prestasi para atlet.

"Kemarin gubernur sudah membangun lapangan tembak dan sekarang akan dibangun lagi lapangan olahraga terpadu yang nanti bisa digunakan oleh banyak cabor. Kita harapkan dengan adanya pembangunan dan pembenahan fasilitas maupun sarana olahraga, para atlet dan pelatih akan lebih semangat lagi sehingga prestasi atlet kita juga meningkat jauh lebih baik," kata Fachrudin.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023