Menjelang menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha mengelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) dengan membagikan paket Sembako kepada warga perbatasan yang kurang mampu, bertempat di pos binaan Sungai Tengah dan Camar Bulan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty, di Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

"Kegiatan itu merupakan keduli terhadap warga masyarakat perbatasan, diwujudkannya dengan Baksos berbagi berupa paket sembako," kata Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letnan Kolonel Inf Hudallah, dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Minggu.

Dansatgas mengungkapkan, kegiatan bagi-bagi Sembako ini selain dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, juga bertujuan untuk mendekatkan prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gty kepada masyarakat. 

"Kegiatan ini termasuk juga memberikan perhatian khusus kepada seluruh warga yang berada di perbatasan desa temajuk yang notabene nya kampung ini juga posisinya berada dekat dengan perbatasan Negara RI-Malaysia," ujar Dansatgas

Menurut Hudallah, kegiatan bhakti sosial ini telah disiapkan jauh-jauh hari untuk membantu meringankan beban masyarakat khususnya di wilayah perbatasan Kalbar sector barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Pembagian paket sembako ini dilakukan dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga sehingga satu persatu paket sembako yang telah dikemas dapat dibagikan kepada sasaran masyarakat yang membutuhkan," ucap Dansatgas.

Ia menambahkan, sebagai prajurit ia sangat menyadari apa yang prajurit Pamtas Yonif 645/Gyt lakukan masih jauh dari kata cukup, namun Satgas Pamtas telah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat membantu masyarakat khususnya di perbatasan.  

"Dalam hal ini kami dari TNI, khususnya Satgas Pamtas Yonif 645/Gyt  akan selalu ada bersama-sama dengan masyarakat dan kami selalu siap memberikan bantuan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan," tambah Dansatgas

Ditempat terpisah, Danki SSK 1 Pos Koki Aruk Kapten Inf Ikhwan Hadi Putra,  mengatakan Baksos ini merupakan wujud kepedulian Satgas Pamtas Yonif 645/Gty kepada masyarakat, di daerah binaan pos -pos Satgas Pamtas. 

"Dan ini sekaligus mempererat tali silahturahmi dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan setidaknya dapat meringankan beban warga setelah 2 Tahun dilanda oleh pandemic COVID-19," ujar Kapten Inf Ikhwan.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023