Bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 periode Januari-Maret 2023 masih cair, memasuki bulan Ramadhan 2023 di Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya.

"Untuk PKH sembako sudah cair minggu lalu, kalau PKH uang yang sekarang ini sudah cair sejak Sabtu kemarin sampai sekarang dan beberapa hari ke depan," kata pemilik agen pencairan PKH Kecamatan Teluk Pakedai, Salawati, di Teluk Pakedai, Kubu Raya, Kamis.

Salawati mengungkapkan ada sekitar 530 warga yang menerima Bansos PKH di Kecamatan Teluk Pakedai. Bansos PKH yang diterima jumlahnya tergantung dengan jumlah anggota keluarga yang ada di rumah masing-masing.

"Kalau di Teluk Pakedai ini ada 530 lebih yang nerima PKH, tapi ada juga beberapa orang dari kecamatan lain yang mengambil PKH disini, seperti orang dari Desa Seruat 2, Desa Seruat 3, dari Kecamatan Kubu," katanya.

Ia mengungkapkan, penerima Bansos PKH tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya berkisar 500-an penerima saja, sehingga harus menggunakan jadwal dengan pembagian satu hari untuk dua desa yang diterima.

"Karena terlalu ramai yang mau mengambil PKH, jadi saya bagikan mereka jadwal pengambilan di grup WhatsApp PKH," katanya lagi.

Menurut dia, berdasarkan jadwal pada Sabtu pekan lalu Desa Selat Remis dan Desa Teluk Pakedai Hulu, kemudian hari Minggu Desa Teluk Pakedai 1 dan Desa Teluk Pakedai 2. Dilanjutkan Senin untuk Desa Teluk Gelam, dan Desa Sungai Nibung, dan Selasa Desa Seruat 1 dan Desa Kuala Karang.

Ia mengatakan, untuk saat ini tidak lagi ada desa terjadwal yang mengambil Bansos PKH. Pengambilan mulai hari Rabu kemarin hanya tinggal orang-orang yang belum mengambil PKH sebelumnya.

"Dari semalam paling hanya beberapa orang yang belum mengambil saja yang datang, hari ini pun juga begitu, kadang juga ya itu yang dari Kecamatan lain juga ada numpang ngambil di sini," katanya.

Sesuai ketentuan, besaran bansos yang diberikan sebagai berikut: untuk lanjut usia Rp600 ribu, balita Rp750 ribu, ibu hamil Rp750 ribu, penyandang disabilitas Rp600 ribu, pelajar SD Rp225 ribu, SMP Rp375 ribu, dan SMA Rp500 ribu.

Baca juga: Pencairan Bansos PKH - BPNT Sintang disaksikan langsung Mensos

Baca juga: Kubu Raya Jadi Percontohan E-bansos Nasional

Baca juga: Bupati pastikan 16.625 KPM di Kubu Raya sudah terima dana bansos




 

Pewarta: Fiyya Mayan Fauni/magang FKIP

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023