Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh perangkat daerah untuk mengeluarkan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal. Sebab sebagai pimpinan perangkat daerah, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi teladan bagi bawahannya dalam menunaikan zakat yang menjadi kewajiban nya.

"Sebagai salah satu rukun Islam, zakat merupakan kewajiban umat Muslim yang telah memenuhi syarat sebagai muzaki. Dalam momentum bulan Ramadan ini, kepala OPD Kota Pontianak harus memberi contoh yang baik bagi seluruh pegawainya," kata Edi Kamtono saat membuka pelaksanaan penghimpunan zakat maal dari kepala-kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota, Rabu.

Wali Kota Pontianak mengatakan, dalam ajaran Islam, seluruh umat Muslim berkewajiban untuk mengeluarkan zakat sebagai pembersih harta atau penghasilan yang diperoleh.

Sementara itu, penghimpunan zakat maal bertajuk 'Teladan Pemimpin Membayar Zakat' ini digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak bekerja sama dengan Pemkot Pontianak. Edi berharap para kepala perangkat daerah mengkoordinir jajaran ASN di masing-masing OPD untuk membayar zakat maal.

"Zakat ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Saya menilai kegiatan ini bisa memberikan keteladanan bagi ASN-ASN lainnya untuk menunaikan kewajiban nya melaksanakan Rukun Islam. Banyak manfaat yang diperoleh dengan berzakat. Selain membersihkan harta dan penghasilan yang diperoleh, zakat juga bertujuan mengentaskan kemiskinan," ucap Wali Kota.

Tidak hanya itu ujar Edi menambahkan, pembayaran zakat yang di lakukan oleh para ASN di lingkungan Pemkot Pontianak dapat juga menjadi teladan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pontianak Sulaiman mengajak dan mengimbau seluruh OPD yang ada di lingkungan masing-masing untuk mengajak seluruh ASN berzakat melalui Baznas Kota Pontianak.

"Melalui penghimpunan zakat hari ini, kami berharap bisa mendorong seluruh ASN menyalurkan zakat nya melalui Baznas Kota Pontianak," tutur Sulaiman.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023