Masyarakat di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terlihat antusias menukarkan uang baru menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 di Mall Ayani Pontianak, Selasa.

Dalam pelayanan penukaran uang tersebut, masyarakat diminta harus mendaftar secara online terlebih dahulu yang dapat diakses di website BI melalui aplikasi pintar, sehingga proses pelayanan penukaran uang akan jadi lebih cepat, efektif, dan efisien.

Terlihat masyarakat dengan tertib mengantre layanan penukaran uang di mobil layanan keliling BI Perwakilan Kalbar di halaman parkir Mall Ayani dengan didamping dari beberapa anggota Brimob Polda Kalbar yang bertugas di lokasi tersebut.

Menurut salah satu warga Pontianak, Sofi (46) yang melakukan penukaran uang, dirinya sangat terbantu dengan adanya layanan penukaran uang keliling dari BI Kalbar tersebut.

"Awalnya saya mendapatkan informasi dari google terkait penukaran uang terbaru dari BI di sini. Ketika saya sampai di sini rupanya ada prosedur terkait untuk pendaftaran online terlebih dahulu, kemudian diberikan jadwal harus datang jam berapa, sehingga saya tidak perlu mengantre terlalu lama," kata Sofi, di Pontianak, Selasa.

Dirinya juga merasa senang dengan adanya uang seri terbaru dari BI, sehingga pada saat memberi dan penerimanya akan merasa bersemangat.

"Saya menukar uang sebesar Rp21 juta, uang seratusan baru, 50 ribuan seri terbaru, lima ribuan dan dua ribuan terbaru. Ini untuk THR di hari Lebaran dan membayar zakat. Adanya uang baru ini kita yang memberikan dan yang menerima uang ini juga tentu senang," ujarnya pula.

Dalam hal ini, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalbar menyediakan uang dengan jumlah dan pecahan yang cukup sebesar Rp3,5 triliun untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selain itu, BI Perwakilan Kalbar memberikan layanan edaran uang baru selama Ramadhan melalui Semarak Rupiah Ramadhan dan berkah Idul Fitri (Serambi) 2023 di Pontianak.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar Anggini mengatakan bahwa Serambi dilakukan pada 183 titik wilayah di Kalbar, mulai 27 Maret hingga 18 April 2023.

KPw BI Kalbar bersama perbankan melayani masyarakat melalui kas keliling di beberapa lokasi, selain di halaman Parkir Mega Mall A Yani, di halaman Kantor Gedung BI lama, dan halaman Parkir Masjid Raya Mujahidin.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Masyarakat Pontianak antusias menukar uang baru jelang Idul Fitri

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023