Kepala Basarnas Pontianak I Made Junetra mengatakan Kapal Layar Motor Tirta Sejati 03 yang sedang mengangkut barang sembako mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Pulau Juante Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

" Kejadian nahas ini berlangsung begitu cepat, saat kami menerima laporan tenggelamnya kapal tersebut hari ini Kamis sekitar pukul 11.50 WIB kapal telah tenggelam 40 menit sebelumnya,"  kata I Made Junetra, Kamis.

I Made Junetra melanjutkan bahwa kapal membawa muatan sembako serta anak buah kapal ( ABK )

"Kapal nahas ini bertolak dari Kota Pontianak dengan tujuan Kabupaten Ketapang dengan membawa barang-barang sembako serta terdapat enam kru kapal," ungkap Made.

Menurut Made, sebelum tenggelam kapal mengalami kebocoran serta di hantam cuaca buruk di sekitar perairan Pulau Juante

"Sebelum tenggelam kapal sempat mengalami kebocoran, gelombang serta angin yang kurang bersahabat pada saat itu menambah buruk kondisi kapal, hingga akhirnya tenggelam," ungkap Made.

Kepala SAR Pontianak itu menambahkan, dari peristiwa itu seluruh Kru berhasil diselamatkan tim SAR gabungan.

"Setelah menerima laporan tersebut kami ( tim SAR gabungan ) langsung menuju lokasi tenggelamnya kapal dan berhasil melakukan evakuasi terhadap seluruh ABK,"  terang I Made Junetra.

Hingga saat ini ujar Made, seluruh kru dibawa menuju Pelabuhan Sukabangun Ketapang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023