Gubernur Sutarmidji memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dengan melakukan pembatasan operasional angkutan barang.

"Meski ada pembatasan tetapi terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bahan pokok dan bahan penting. Pastikan kendaraan tersebut dilengkapi dengan surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga hal ini mempermudah proses pemeriksaan," kata Sutarmidji di Pontianak, Selasa.

Dia juga berpesan agar para stakeholder terkait dapat mengatur pembelian tiket secara online, mengoptimalkan ketersediaan kapal serta fasilitas jalan menuju pelabuhan dan melakukan sosialisasi pengaturan keamanan dalam memperlancar mudik kepada masyarakat.

"Pastikan juga kelancaran penerapan penundaan perjalanan (delaying system) dan screening tiket penumpang. Apabila terdapat penumpang yang belum memiliki tiket, koordinasikan dengan ASDP untuk melayani penjualan tiket," tuturnya.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik saat Lebaran, dirinya juga memastikan untuk meningkatkan sinergi bersama Polri dan TNI. 
 
"Ini merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri. Mudik tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat, terdapat 73,8 persen masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penanganan arus mudik tahun 2022. Ini menjadi pemacu semangat, sehingga mudik 2023 mampu dilaksanakan dengan baik," katanya.

Kemudian, ia juga tak lupa meminta kepada Satgas Pangan dengan stakeholder terkait untuk berkoordinasi dengan baik dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapokting.

"Tingkatkan koordinasi antara Satgas Pangan dengan stakeholder terkait, sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bapokting selama perayaan Idul Fitri 1444 H," kata Sutarmidji.

Sebelum mengakhiri amanat Kapolri, Gubernur juga berharap mudik tahun ini dapat berjalan dengan baik dengan menaati aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah.

"Kita harus ikuti arahan pak Kapolri dan satu komando, InsyaAllah akan terlaksana dengan baik karena kita sudah mempersiapkan dengan matang," tuturnya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023