Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat mengatakan sebanyak 145 penumpang KM Arif Jaya berhasil di selamatkan dan di evakuasi usai mengalami kecelakaan menabrak tebing pasir yang ada di Muara Kubu di Desa Danong Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

"Memang benar kemarin Kapal penumpang KM Arif Jaya rute Teluk Batang menuju Rasau Jaya mengalami kecelakaan di Muara Kubu Desa Dabong Kecamatan Kubu. Kapal tersebut menabrak tebing pasir dengan jarak sekitar 800 meter dari pemukiman penduduk," kata Kapolres Kubu Raya  AKBP Arief di Mapolres Kubu Raya, Selasa.

Kapolres Kubu Raya mengatakan, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun hingga saat ini akibat tabrakan Kapal Penumpang di KM Arif Jaya tersebut mengalami kandas.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade menambahkan untuk melakukan penyelamatan terhadap para penumpang petugas di bantu pihak terkait lainnya bahu membahu mengevakuasi para penumpang ke lokasi aman

"Saat ini tim dari Polsek Kubu, Pol Airud Polda Kalbar, dan stakeholder terkait berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap 145 penumpang. Evakuasi dilakukan menggunakan speed boat dan sampan kato," kata Aipda Ade.

Ade menjelaskan, saat terjadi kecelakaan KM. Arif Jaya ini membawa penumpang dari Teluk Batang menuju Rasau jaya.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penumpang dalam keadaan sehat. KM Arif Jaya diperkirakan akan dievakuasi saat air pasang sore sekitar jam 15.00 WIB nanti," terang Ade.

Ia menambahkan, diduga kapal tersebut menabrak tebing pasir akibat kesalahan mengambil jalur.

"Situasi di lokasi kandas nya KM. Arif Jaya saat ini dalam keadaan kondusif dan pihak Kepolisian sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan ini," tutup Ade.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023